1 Juli Gelar Penjaringan Hanura Optimis Raih Kemenangan di Pilkada Garut

LogikaNews.Com (LNC) – Setahun kedepan, tepatnya tanggal 27 Juni 2018 masyarakat Garut sudah dihadapkan pada pilihan calon pemimpin Kabupaten Garut untuk Lima Tahun selanjutnya. Pada hari itu, jutaan warga Garut harus menentukan sosok yang sesuai dengan pilihan hati masing-masing, melalui proses demokrasi Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada).

Sementara warga harus mempersiapkan pilihan hatinya untuk menentukan calon yang akan dipilih, sedangkan Partai Politik (Parpol) sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon, siapa saja yang ingin dipilih untuk Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. Tidak terkecuali dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), DPC Kabupaten Garut. Partai asuhan Wiranto ini juga akan membuka penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Garut, tanggal I Juli sampai dengan 31 Juli 2017.
Ketua DPC Partai Hanura, Kabupaten Garut, H Serli Besi SE mengatakan, menjelang pesta demokrasi di bulan Juni tahun 2018, Partai Hanura tanggal I Juli 2017 akan membuka penjaringan untuk bakal calon Bupati dan wakil bupati Garut. “Sesuai mekanisme partai, DPC Hanura Kabupaten Garut harus melakukan proses penjaringan untuk menentukan calon Bupati atau Wakil Bupati Garut dan itu akan kami laksanakan mulai tanggal 1 Juli 2017 mendatang,” papar Serli.

Kendati Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta sudah mendelegasikan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Garut, H Serli Besi sebagai kandidat calon bupati, namun penjaringan tetap harus dilaksanakan. “Walaupun saya sudah mendapat mandat langsung dari Bapak Ketua Umum Partai Hanura, untuk maju sebagai calon bupati, tetapi mekanisme ini tetap harus dijalankan sesuai perintah AD/ART partai,” ungkapnya.

Sedangkan kriteria calon bupati yang akan diusung Partai Hanura, disebutkan Serli Besi harus sosok yang kokoh dan kader dari internal partai. Sementara untuk wakil bupati, harus seorang tokoh masyarakat dan bisa dari eksternal partai. “Untuk calon wakil bupati yang mendampingi Partai Hanura, tentu harus figur yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Partai Hanura,” ujarnya singkat.

Serli Besi mengaku sudah memiliki pengalaman di Pilkada tahun 2013. Bekal dari pengalaman itu, dirinya optimis Pilkada tahun 2018 mendatang bisa meraup suara yang gemilang. Apalagi, sambung Serli, Partai Hanura di Kabupaten Garut memiliki cengkaraman kuat di seluruh penjuru Kabupaten Garut. “Kami memiliki 1.015 pengurus PAC dan 4.800 pengurus ranting se Kabupaten Garut. Mereka sudah full untuk bekerja dan mensukseskan Pilkada nanti,” katanya.

Pelajaran paling penting yang diambil Serli Besi dari pengalaman Pilkada sebelumnya adalah tentang koalisi partai. “Jujur saja, disaat saya menentukan untuk maju sebagai kandidat bupati dan wakil bupati periode lalu, saya mulai mendeklarasikannya Dua tahun sebelum hari H. Saya juga pernah berkoalisi dengan H Rudy Gunawan sampai satu tahun. Namun, karena saat itu Rudy Gunawan kekurangan kursi dan Partai Golkar tidak memberikan kursi kepada Rudy Gunawan, maka akhirnya kami cerai ditengah jalan. Saat itu, rekomendasi tidak diberikan kepada Rudy Gunawan, tetapi kepada Ade Ginanar,” katanya.

Menurut Serli, pengalaman ini menjadi satu pelajaran yang sangat bermakna. Sehingga di Pilkada tahun 2018 nanti, Partai Hanura harus matang dalam menentukan koalisi. Sedangkan partai mana saja yang akan dipilihnya, Serli Besi menegaskan, bahwa Partai Hanura bebas berkoalisi dengan partai manapun, asal bisa memenuhi kursi..

“Tahun ini hampir setiap partai sudah melakukan komunikasi. Dan kami sudah membentuk Tim Pilkada Cabang  atau TPC. Dan TPC inilah yang akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. TPC juga akan menjaring seluruh calon dan hal teknis seperti mekanisme biaya pendaftaran. Untuk pendaftaran, rencananya akan dikenakan biaya Rp 10 juta. Sedangkan untuk survey itu dilakukan oleh DPP dan akan menggunakan Lembaga Survey Indonesia (LSI,red),” terangnya.

Pilkada Garut tahun 2013 lalu, Serli Besi maju dan berdampingan dengan Purnawirawan Mayjen Saipul Anwar. Saat itu berhasil meraup suara sebanyak 150.000 suara se Kabupaten Garut. (Asep Ahmad) .  ..

 

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *