LINGKUNGAN BERSIH BEBAS DARI PENYAKIT

LINGKUNGAN BERSIH BEBAS DARI PENYAKIT

    (LABRAK)

KALIMAT lingkungan bersih sepertinya sudah tidak asing lagi dari kalimat yang sering didengungkan. Tetapi, apakah itu sudah dipahami dan dimengerti olah seluruh masyarakat  tidak terkecuali apakah itu pemimpin atau rakyat biasa   dan  kalimat ini  “Kebersihan sebagian dari Iman”, Jagalah Lingkungan, Jagalah kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya dan sebagainya.

Tulisan ini mengharapkan bisa dibaca dan dilaksanakan walaupun tulisan dipampang  mulai dari sekolah PAUD sampai Universitas, kantor , tempat lain seperti taman ,stasiun objek wisata, tempat hiburan  dan lain lain  sudah terpampang , ada yang masih utuh ada yang sudah tidak terbaca ada yang tinggal sebagian tulisannya ada yang ada tulisan kebersihan sampah numpuk itulah yang sering kita lihat.

Pengertian lingkungan adalah kombinasi antara Kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energy surya, mineral serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun didalam lautan. Dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi  perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan yaitu daerah atau kawasan yang ditempati, lingkungan terdiri dari komponen abiotic dan biotik. Komponen abiotic adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara,air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti  tumbuhan, hewan dan manusia dan mikro-organisme (virus dan Bakteri)

Lingkungan hidup adalah kesatuan antara mahluk hidup dan non hidup meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh specimen dan Sumber Daya Alam.

Menurut Undang-undang Nomor 32 Than 2009 Lingkungan Hidup adalah Kesatuan ruang semua benda daya, keadaan mahluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kalangannya, perilaku dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.

Pengertian bersih itu memang banyak yang mengartikan bersih itu sehat, jauh dari penyakit, ruangan yang bebas dari sarang nyamuk, tidak ada lalat juga tidak berbau dan enak dipandang. Kebersihan lingkungan yaitu menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit, seperti muntaber, demam berdarah  dan lain-lain. Ini dapat dicapai dengan  menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran atau noda , termasuk diantaranya debu, sampah dan bau.  Setelah  Louis Paster menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh Mikroba , Kebersihan juga berarti bebas dari virus, Bakteri pathogen dan bahan kimia berbahaya.

Di agama Islam juga diajarkan mengenai kebersihan lingkungan mencapai kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yaitu keberesihan sebagian dari pada Iman.

Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan kebersihan tidak sama dengan kemewahan kekayaan , kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat terawat secara kontinyu.

LIngkungan masyarakat bersih dan sehat dan kondisi bersih sangat mendukung kenyamanan dan menarik  perhatian. Sebalikanya tempat yang kotor, kumuh dan berbau menjadi kondisi suram dan menjengkelkan. Lalu siapa yang  bertanggung jawab ?

Kita harus tahu dan  mengerti dari manfaat menjaga kebersihan lingkungan. Karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting, selain untuk diri kita sendiri juga untuk umat manusia yang mengharapkan sehat dan terhindar dari penyakit. Kita semua harus bisa dan dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih  sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

  1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan atau ditularkan pada lingkungan yang tidak sehat seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit.
  2. Bebas dari polusi udara, polusi air ( zat-zat kimia yang berbahaya )
  3. Air lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi
  4. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari
  5. Lebih aman untuk bercocok tanam .
  6. Terhindar dari banjir yang disebabkan oleh ulah manusia.

Maka dari itu, untuk menjaga kebersihan lingkungan kita harus menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, rumah dan lingkungan sekitar, membersihkan diri sendiri, memberesihkan rumah, halaman, membersihkan selokan, membuang sampah pada tempatnya. Kalau tidak oleh kita, siapa lagi. Lingkungan akan lebih baik, jika kita semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan. Karena itu harus ditanamkan sejak dini. Dirumah, di sekolah anak diajarkan dan menciptakan lingkungan bersih bebas dari penyakit.

Kebersihan  sebuah lingkungan dapat mencerminkan kepribadian orang-orang yang tinggal atau menetap pada lingkungan tersebut. Contohnya halaman, pekarangan atau ruangan yang selalu bersih. Maka akan menunjukan kepribadian para penghuninya yang rajin dan mempunyai nilai keindahan yang tinggi terhadap dirinya maupun lingkungannya. Jika seseorang selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungannya , maka orang tersebut selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan yang buruk.

Ada Semboyan  “Mensana In Corpore Sana“ Didalam Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang Kuat “ artinya jika kita selalu menjaga kebersihan tubuh kita, maka kita akan mendapatkan tubuh yang sehat ,serta jiwa dan tenaga yang kuat untuk beraktivitas.

Menjaga Kebersihan diri dan lingkungan

  1. Menjaga kebersihan  diri kita sendiri :
  2. Mandi kurang lebih dua kali sehari
  3. Menyikat gigi pada pagi hari (sesudah makan) dan malam hari sebelum tidur
  4. Menjaga kebersihan kamar, rumah baik didalam dan diluar rumah
  5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Kelompok:
  6. Lingkungan masyarakat: Kerja bakti seminggu sekali. Memanfaatkan tempat sampah yang sudah disediakan.
  7. Di lingkungan sekolah, kantor, tempat keramaian, dll.
  8. Menjaga Kebersihan makanan dan minuman ; membeli makakan dan minuman yang terjamin  kebersihannya, dan terjamin kesehatannya.

 

Dengan terpelihara dan terjaga kebersihan lingkungan, maka akan tercipta tubuh dan jiwa yang sehat. Serta rasa nyaman dan tentram indah dan enak dipandang harmonis, rukun dan damai  serta rasa semangat dalam diri untuk menjaga kebersihan. Sasaran yang pertama adalah dalam keluarga kita. Mendidik anak sejak dini untuk mencintai diri sendiri dengan belajar bersih dan bertanggung jawab tentang kebersihan. Untuk masyarakat mari kita bersama membangun dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Sosialisasi dan bantuan dari pemerintah untuk menciptakan kota sehat karena lingkungan bersih dan sehat.

Selain lingkungan alamiah, ada juga lingkungan buatan yaitu karena ada intrevensi manusia. Daerah dimana manusia mengubah alam seperti perkotaan, lahan pertamanan, maka lingkungan alamiah semakin berkurang. Contoh lingkungan ini adalah Bendungan, danau buatan dan taman satwa dan lain-lain.

Perubahan yang sangat mempengaruhi kondisi alam yang berujung terjadi masalah misalnya longsor, banjir yang mengakibatkan mudahnya terserang penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Seharusnya lebih baik mencegah dari pada mengobati adalah yang lebih efektif dan efisien dianatara dengan:

Program pemerintah yaitu Jumat Bersih. Seharusnya menjadi momen yang tidak boleh ditinggalkan, karena dengan kebiasaan melakukan kegiatan kebersihan yang dirutinkan akan menjadi kegiatan yang sudah terbiasa dilakukan dan karena rutin dilaksanakan lingkungan akan terjaga dengan sendirinya. Lingkungan bersih menandakan masyarakat mau dan peduli terhadap alam sekitar.

Indikator keberhasilan lingkungan yang bersih bisa dilihat dari capaian penyakit yang disebabkan oleh dampak lingkungan akan berkurang dengan sendirinya. Jumlah kematian karena demam berdarah otomatis akan berkurang malah tidak ada lagi. Demikian pula angka kesakitan diare dengan sendirinya berkurang.

Lingkungan yang ramah dan bersih menandakan bahwa  keluarga, masyarakat stakeholder dan segenap pengguna bumi sudah sadar dan mau menjalankan tugas dan kewajiban sebagai umat manusia yang hidup di dunia untuk mencintai alam semesta. Jika alam dirawat dengan baik dengan benar dan ikhlas sudah barang tentu tidak akan ada lagi bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia ataupun penyakit yang disebabkan akibat perilaku manusia.

Kesadaran dan keikhlasan sebagai kunci untuk mendapatkan hasil yang diinginkan berhasil dan puas, karena kita sadar apa yang harus kita lakukan dan kita perbuat dalam menjalani kehidupan. Sebagai prefentif atau mencegah merupakan hal mudah dibicarakan, akan tetapi sulit dilaksanakan karena menganggap sepele tanpa disadari akibatnya.

Mari kita mulai dari diri kita sendiri bersih raganya bersih jiwanya nusantara jaya tanpa musibah…..

 

                 Bersih itu Indah, Bersih itu Sehat, Bersih itu Nikmat.

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *