APIDA Jabar Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Tanpa Sengat Tetragonula Biroi

LOGIKANEWS.COM – Di penghujung tahun 2018, Asosiasi Perlebahan Indonesia Daerah Jawa Barat (Apida Jabar) bekerjasama dengan Perum Perhutani Divre Jabar Banten dan CV. Nutrima Sehatalami, gelar acara pelatihan budidaya lebah tanpa sengat jenis Tetragonula Biroi pada hari Sabtu, 29 Desember 2018 yang berlokasi di Urban Bee “Teuweul Bogor” Jalan Panorama 5 No.85 RT.05 RW.05, Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Kegiatan pelatihan budidaya lebah tanpa sengat di Urban Bee “Teuweul Bogor”, Sabtu (29/12/2018) (Ft: Asep Ruslan)

Acara pelatihan diikuti 47 orang peserta dari jajaran pengurus Apida Jabar, Korwil Apida Bogor, Korwil Apida Sukabumi, Korwil Apida Cianjur, Korwil Apida Indramayu, karyawan Perhutani Divre Jabar Banten, Paguyuban Asep Dunia (PAD) dan masyarakat penggiat lebah Jawa Barat & Banten.

Dewan Pembina Apida Jabar, H. Rosjid Mansur dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan pelatihan budidaya lebah jenis Triganola Biroi.

H. Rosjid Mansur, Dewan Pembina Apida Jabar, Sabtu (29/12/2018) (Ft: Asep Ruslan)

“Keuntungan Budidaya lebah tanpa sengat jenis Triganola biroi dibandingkan dengan jenis lebah lainnya ada 4 diantaranya, 1. Mudah pemecahan koloni/split. 2. Produksi madu cukup tinggi. 3. ‎Pakan lebah sangat mudah 4. ‎Tehnik budidayanya sangat sederhana. Oleh karena itu pengembangan budidaya jenis lebah ini sangat diperlukan,” kata H. Rosjid.

“Semoga kegiatan pelatihan ini menjadi langkah nyata Apida Jabar untuk meningkatkan produksi madu nasional, pembinaan para peternak lebah dan pengusaha madu khususnya di Jawa Barat dan Banten,” harapan H. Rosjid.

Materi yang diselenggarakan dalam pelatihan tersebut diisi oleh pakar perlebahan dari Unpad yaitu Dr. Mahani, SP, M.Si yang juga Pemilik Urban Bee Teuweul Bogor dan Komisaris Utama CV. Nutrima Sehatalami.

Dr. Mahani bersama peserta pelatihan budidaya lebah di Urban Bee “Teuweul Bogor,” Sabtu (29/12/2018) (Ft: Asep Ruslan)

Dalam kesempatan tersebut Mahani memaparkan materi teknik budidaya lebah madu tanpa sengat jenis lebah Tetragonula Biroi, Karakter species unggul Tetragonula Biroi, Cara kerja tehnik pembentukan madu-propolis-bee polen, Hama penyakit & predator, teknik rekayasa jenis pakan, perhitungan titik impas (Break Even Point) biaya atau pengeluaran dan pendapatan investasi budidaya lebah, dan diskusi.

Di tempat yang sama Kepala Departemen PIEA (Produksi, Industri, Ecotorism dan Agroforestri) Perhutani Divre Jabar Banten, Sudarwanto menyambut baik upaya yang diselenggarakan Apida Jabar ini, pihaknya sangat mendukung melalui program kerja Perhutani.

“Masing-masing Korwil selepas pelatihan ini harus mempersiapkan calon lokasi budidaya dengan pakan lebahnya. Mencoba memelihara lebah Trigonula Biroi minimal 2 koloni (stup) sebelum ke skala lebih besar. Untuk skala besar, nanti masing-masing Korwil mengajukan Capex / Investasi lebah Trigonula Biroi dengan skala 40 koloni (stup) sesuai referensi dari Dr. Mahani,” kata Sudarwanto, Sabtu (29/12/2018).

“Perhutani selanjutnya akan menjalin kerjasama dengan CV Nutrima Sehatalami dalam pengembangan varian produk madu jenis propolis,” pungkas Kadep PIEA Perhutani Divre Jabar Banten yang juga Sekretaris Apida Jabar.

Diakhir acara, pelatihan ditutup dengan praktek pemanenan lebah Tetragonula Biroi, pemisahan koloni/split, peninjauan lokasi pakan lebah dan kunjungan ke pabrik produksi propolis. (Asep Ruslan)

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *