Belasan Finance di Garut Datangi Kediaman Atlet Tinju

LOGIKANEWS.COM – 13 perusahaan pembiayaan yang tergabung di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) – RFKD Garut mewakili semua finance di Kabupaten Garut mendatangi salah satu rumah atlet Garut, Sopandi di kediamannya, Kampung Jati RT 05 RW 01 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (12/08/2019).

Belasan orang yang sengaja berbondong-bondong menemui atlet ini menjadi perhatian masyarakat dan pemerintahan setempat. Diantaranya tokoh masyarakat, Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia), Kepala Kelurahan dan Camat Kecamatan Tarogong Kidul, Dra Hj Yanti.

Para Pincab Finance di Kabupaten Garut yang menghadiri acar serah terima bantuan Bedah Rumah untuk keluarga Sopandi, salah satu atlet tinju berprestasi di Kabupaten Garut. (Ft: Asep Ahmad)

Ternyata kedatangan para pengusaha sukses ini dalam rangka Bedah Rumah kediaman Sopandi. Sopandi merupakan salah satu atlet tinju asal Kabupaten Garut yang memiliki banyak prestasi, namun memiliki taraf perekonomian yang pas-pasan.

Sopandi yang tinggal bersama ayah tercintanya, mendiami rumah yang sudah rapuh alias memprihatinkan. Kediaman Sopandi yang berukuran sekitar 6×4 meter ini hanya beralasakan kayu dan berdindingkan bilik yang sudah berlubang.

Lurah Kelurahan Sukajaya, Devi Z Mutaqin saat memberi sambutan. (Ft: Asep Ahmad)

Rumah yang dihuni Sopandi juga tidak memiliki dapur, sehingga alat perabotan memasak seperti kompor disimpan di Kamar Mandi sekaligus toilet.

Anak ke dua dari Empat bersaudara yang sudah ditinggal almarhumah ibunda tercintanya ini tidak berhasil menyelesaikan sekolah dasarnya. Namun ia memiliki perangai yang baik serta kedisplinan yang luar biasa, sehingga ia mampu menjadi sosok juara.

Kemauan, prestasi dan kedisiplinan Sopandi inilah yang akhirnya mendapat simpati dari semua perusahaan finance di Kabupaten Garut. Sopandi mengantongi belasan piala dan piagam penghargaan bahkan dia menjadi juara I di Bangka Belitung.

SOPANDI Bersama piala dan belasan piagam yang telah ia raih didampingi Plt Camat Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Dra Hj Yati. (FT: Asep Ahmad)

Pihak finance sebagai pelaksana bantuan melalui bedah rumah mengambil tema “BEDAH RUMAH APPI”. 13 perusahaan tersebut diantaranya Trihamas Syariah, Mandala Finance, Mandiri Utama Finance BFI Finance, Adira Finance, Mandiri Tunas Finance, Trihamas Finance, Bintang Mandiri Finance, BAF (Nissan Auto Finance), Mas Finance, MCF, WOM Finance dan Kredit Plus.

Ketua APPI, Kabupaten Garut yang menjabat sebagai Pincab Mandala Finance, Hardin Hanif ST, didampingi Pincab Trihamas Finance sekaligus Sekretaris APPI Garut dan Novie Renaldi sebagai Pincab Mega Central Finance sekaligus Bendahara APPI Garut mengatakan, 13 finance yang ada di Kabupaten Garut memiliki kepedulian dan kewajiban untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Dari sekian banyak yang membutuhkan uluran tangan, pihak keluarga Sopandi yang beruntung mendapat perhatian.

MENYATU: Toilet dan dapur kediaman Sopandi yang menyatu karena tidak lagi memiliki ruangan. (FT: Asep Ahmad)

“Selama Delapan bulan kami mempersiapkan acara Bedah Rumah ini, namun karena tahun ini ada agenda politik seperti Pilkada, Pileg dan Pilpres, maka acara baru bisa kami laksanakan hari ini,” ujar Hardin Hanif disaat memberikan pidato diacara serah terima bata dari pihak finance kepada keluarga penerima bantuan, disaksikan pejabat setempat.

Menurut Hardin Hanif, dana bantuan yang diberikan kepada keluarga Sopandi merupakan program dan inisiatif dari masing-masing perusahaan dan dibantu dari uang saku pribadi para pimpinan cabang 13 perusahaan finance di Garut.

“Alhamdulillah, harapan kami untuk bisa membantu masyarakat bisa terealisasi. Kami akan berjuang terus agar kedepan bisa lebih banyak membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Hanif menambahkan, acara ini bisa terealisasi karena kerja keras semua pihak yang terlibat. Pada waktu yang sama Hanif juga memohon maaf kepada semua rekan-rekannya dari APPI bila telah direpotkan oleh acara ini. “Alhamdulillah, berkat kerja keras dan keikhlasan kita semua acara bisa terwujud,” papar Hanif.

Hanif berharap keluarga Sopandi mendapatkan kebahagiaan dan lebih optimis dalam mencapai cita-cita. Sebagai atlet beladiri tinju, Sopandi dianggap pekerja keras yang berdarah-darah demi menggapai masa depannya.

“Sopandi merupakan salah satu atlet Garut yang bernaung di Iron Sheep. Dia memiliki banyak prestasi yang luar biasa. Kami berharap melalui bantuan ini Sopandi bisa lebih semangat latihan dan meraih prestasi serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Garut dikancah olahraga beladiri,” harapnya.

Gindi Sugandi, ayah dari Sopandi, warga Kampung Jati RT 05 RW 01, Desa Sukajaya, Kabupaten Garut ketika ditemui media mengaku sangat bahagia dan berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada APPI Garut.

“Saya tidak pernah bermimpi apa-apa sehingga dapat bantuan ini. Saya sangat bangga kepada putra saya yang selalu bekerja keras dan melaksanakan latihan tanpa lelah. Terimakasih dan semoga APPI Garut mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT,” ucap Gindi yang nampak kaku ketika berbincang dengan wartawan.

Ditempat yang sama Sopandi mengaku telah mendapat banyak prestasi dan piagam. Dari berbagai kejuaraan tingkat lokal sampai nasional pernah ia raih.

“Saya latihan sejak duduk di kelas Lima sekolah dasar, sampai usia sekarang. Setiap pagi, siang dan sore saya latihan,” kata Sopandi yang kini sudah menginjak usia ke 25.

Sopandi berharap pihak APPI, khususnya 13 perusahaan yang telah membantu ia dan keluarganya diberikan kesuksesan dan kelancaran dalam menjalankan usahanya. “Kami sangat berterimakasih. Saya akan terus giat latihan dan memberikan yang terbaik untuk keluarga dan bangsa ini,” tegas Sopandi.

Ditempat yang sama, Lurah Kelurahan Sukajaya, Devi Z Mutaqin dan PLT Camat Kecamatan Tarkid, Dra Hj Yanti Sugiharto MSi mengatakan, Pak Gindi merupakan salah satu warganya yang sudah masuk dalam daftar program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) atau rutilahu.

“Pak Gindi telah tercatat sebagai penerima BSPS dari pemerintah untuk tahun 2020. Kami bersyukur ada pihak diluar pemerintah seperti perusahaan finance yang telah peduli terhadap warga kami,” ucap PLT Camat, Kecamatan Tarkid, Dra Hj Yanti Sugiharto.

Selama ini, sambung Hj Yanti, finance banyak terekspose perihal berita negatifnya, padahal banyak juga kegiatan positifnya. “Kegiatan ini menjadi contoh dan tauladan dari finance, yang tentu sangat kami apresiasi,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri Bimas dan Babinsa serta perwakilan dari LSM dan Ormas dari berbagai organisasi. Kejadian ini menjadi peristiwa langka, dimana perusahaan pembiayaan memiliki tekad mulia dengan membantu masyarakat yang tidak memiliki rumah kurang layak huni. (Asep Ahmad).

TONTON VIDEONYA DISINI:

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *