Bupati Hadiri Launching Perijinan Online DPMPTSP Subang

SUBANG (LOGIKANEWS.COM) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Subang, meluncurkan produk Sistem Perizinan Online atau Sistem Informasi Tepat dalam Pelaksanaan Transparan, Pelayanan Efektif dan Proses Handal dalam Pengelolaan. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat menjangkau dan mengurus perizinan di Kabupaten Subang.

Acara soft launching  ini diresmikan langsung oleh Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih S.E, dengan pemukulan gong, lalu dilanjutkan dengan pengguntingan pita. Dimana, pada kesempatan tersebut dihadiri juga oleh Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), para anggota DPRD Kabupaten Subang, para Pimpinan Perusahaan BUMD dan BUMN Kabupaten Subang, para Camat Kabupaten Subang, beserta seluruh kepala SKPD Kabupaten Subang. Rabu, (27/12/2017).

Dalam sambutannya Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih S.E mengatakan, merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, disebutkan bahwa dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau maka perlu dilaksanakan suatu sistem pelayanan yang disebut sistem pelayanan terpadu satu pintu.

“Pelayanan terpadu satu pintu, yang selanjutnya singkat PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan sampai tahap penyelesaian produk layanan satu pintu, yaitu dikeluarkannya Surat Keputusan Izin,” ujarnya.

Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Subang Sumarna, dalam keterangan pers nya menuturkan, program pelayanan online ini hanya mencakup perizinan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dan Reklame. Sedangkan untuk ijin mendirikan bangunan atau ijin yang memerlukan survey lapangan dapat langsung mendatangi kantor DPMPTSP. “Total perizinan yang bisa diakses secara online atau melalui program ini adalah sebanyak 13 (tiga belas) jenis layanan perizinan, dari 36 perijinan yang sudah dilimpahkan kewenangannya ke Dinas DPMPTSP,” jelasnya.

Sumarna juga  menambahkan, dengan sistem perizinan online dan pendelegasian kewenangan penyelenggaraan perizinan dan nonperizinan ini masyarakat tidak perlu repot atau bolak balik ke Dinas Teknis (terkait) untuk melengkapi persyaratan perizinan yang dimohonkan. “Dengan sistem ini, masyarakat tidak perlu menggunakan jasa perantara atau yang selama ini dikenal dengan sebutan calo, untuk mengurus perizinan. Karena pemohon dapat melakukan sendiri pendaftaran perizinan secara online setiap saat, dan di mana saja,” tambahnya.

Sumarna juga memaparkan, bagi masyarakat, pendaftar yang ingin membuat perijinan melalui program ini bisa langsung mendaftarkan emailnya melalui telepon android-nya. Dimana nanti setelah email didaftarkan, pendaftar akan mendapatkan akun baru guna mengisi persyaratan yang dibutuhkan sesuai yang tertera di dalam aplikasi tersebut.

“Setelah itu jika persyaratannya sudah lengkap, pendaftar akan mendapatkan pemberitahuan melalui email tersebut dan kemudian hasilnya dapat diambil langsung di kantor DPMPTSP dengan tidak lupa membawa berkas aslinya,”paparnya.

Terakhir, Sumarna kembali menerangkan, DPMPTSP sendiri telah menyediakan tenaga ahli sebagai tim verifikasi. Kemudian Tim Verifikasi ini nantinya secara otomatis akan mengirimkan berkas yang masuk kepada Kasi dan Kabid Perijinan untuk kembali dievaluasi sebelum sampai kepada verifikasi akhir untuk dinyatakan OK, yang akan secara otomatis ditanda tangani kepala dinas dengan Digital Signature.  “Dan yang jelas program ini gratis ya,” tutupnya. (Janoka)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *