Desa Cigadog Sucinaraja Menjadi Salah Satu Aplikasi Permentan 16 Tahun 2017

LOGIKANEWS.COM – Hari ini Jumat 10 Mei 2019 bertepatan dengan hari ke lima puasa Ramadhan 1440 H, Bupati Garut H. Rudy Gunawan S.H., M.H.,mengunjungi Desa Cigadog Kecamatan Sucinaraja. Kehadiran Bupati di Desa Cigadog dalam rangka menghadiri Acara Tanam Perdana Pengembangan Budidaya Bawang Putih yang di inisiasi oleh PT. Aghra Putra Semesta selaku Importir holtikultura bersama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maqbul Tani.

Hadir dalam acara tersebut Ristanto Sumarsono SE, MM.,dari Perusahaan PT. Aghra Putra Semesta selaku Importir Bawang Putih, Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H, M.H., Beni Yoga Kadis Pertanian, Drs. Iwan Trisnadiwan.,MH, Camat Sucinaraja, Kades CiGadog (Ramdan), Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Maqbul Tani (Mukhlis), beserta masyarakat tani setempat.

Penanaman bawang putih oleh Perusahaan Importir ini merupakan pelaksanaan dari amanat Peraturan Menteri Pertanian Nomor 16 tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Holtikultura, dimana dalam permentan tersebut menyebutkan bahwa pelaku usaha wajib ikut mengembangkan penanaman Bawang Putih di dalam negeri sebanyak 5 persen dari volume permohonan RIPH pertahun.

Bupati bercerita waktu ia masih muda dulu sering bermain ke daerah Cigadog yang merupakan salah satu sentra penghasil Bawang Putih. “Ada sejarah bahwa Cigadog pernah menjadi sentra bawang putih sebelum meletusnya Gunung Galunggung pada tahun 1982,” tuturnya.

Sambung Bupati, sementara ini luas lahan yang saat ini dipergunakan menanam Bawang Putih yang bekerjasama antara Perusahaan Importir dengan KUB Bawang Putih di daerah Cigadog direncanakan 42 Hektare secara bertahap.

“Saya berharap untuk masa yang akan datang kerjasama semacam ini bisa terus ditingkatkan guna kesejahteraan petani-petani yang ada di Garut,” pungkasnya. (Arif).

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *