Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut Bersama Ramayana Dept Store Sambut Tahun Baru 2019 Dengan Sajian Budaya dan Dzikir Bersama

0 109

TONTON VIDEONYA DISINI:

LOGIKANEWS.COM – Ramayana Dept Store Garut atau lebih dikenal warga Garut dengan nama Ramayana Mal Garut bersama Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) sukses menyambut tahun baru 2019 dengan konsep budaya. Pelepasan tahun baru 2018 kali ini menjadi catatan sejarah bagi warga Garut.

Pasalnya, kegiatan yang biasanya diisi dengan acara hingar bingar dengan suara dentuman petasan dan mercon serta kembang api, hari itu sangat berbeda. Yang menjadi kesan bagi masyarakat, pelepasan tahun 2018 dan sambutan tahun baru 2019 jauh dari suasana kemewahan, namun mampu menghibur masyarakat serta menampilkan nilai-nilai edukasi yang selama ini dibutuhkan masyarakat.

“Kegiatan menyambut tahun baru 2019, tanggal 31 Desember 2018 di Halaman Gedung Mal Ramayana Garut kami kemas dengan konsep budaya dan kegiatan sosial. Jauh dari hura-hura dan kemubaziran, namun tetap berkesan dan menghibur,” ujar Ketua DKKG, H Irwan Hendarsyah atau yang biasa dipanggil Kang Ji One.

Menurut salah satu pengusaha kenamaan di Kabupaten Garut ini. DKKG memiliki niatan dan cita-cita menghidupkan kembali budaya Padjajaran. Diantaranya budaya masyarakat yang selalu diisi dengan nilai-nilai luhur yang berbudaya.

“Budaya di Jawa Barat, khususnya Budaya Sunda sangat kental dengan Padjajaran. Kabupaten Garut sendiri merupakan salpusat budaya di Indonesia. Namun seperti kita ketahui budaya-budaya nenek moyang kita yang syarat dengan pesan moral dan edukasi ini mulai tergerus oleh budaya asing. Untuk itu, kami berupaya kembali melestarikan kembali budaya Padjajaran, yakni Siliwangi. Silih Asah, Silih Asih dan Sili Wangiken,” paparnya.

Ji One merasa bahagia dan bersyukur, karena cita-cita DKKG mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Bukan hanya kalangan masyarakat, namun juga dukungan dari kalangan pemerintah dan perusahaan swasta.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah, kami sangat sepakat apabila kegiatan menyambut tahun baru tidak disertai dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Apalagi tahun 2018 Indonesia di berbagai daerah diterjang berbagai musibah. Maka dari itu, acara yang kami gelar dilaksanakan dengan kegiatan bhakti sosial pengumpulan dana untuk korban bencana Banten dan Lampung,” katanya.

Kegiatan Gelar Budaya oleh DKKG yang mengambil tema “Malam Budaya Refleksi Akhir Tahun, Dzikir dan Sholawat Peduli Banten Lampung” ini mendapat suport dari TNI-Polri, pihak pemerintah dan Ramayana Dept Store.

“Ramayana Mal Garut bersama DKKG memiliki pandangan dan harapan yang sama dalam menyambut tahun baru 2019. Ramayana Mal Garut memberi kami kepercayaan untuk menggelar acara budaya. Ini merupakan apresiasi yang berharga dan berarti bagi terwujudnya pelestarian budaya,” ucapnya.

Guna memeriahkan acara penyambutan Tahun Baru 2019, DKKG juga didukung oleh budayawan dan seniman Garut. Para pesilat, penari Jaipong, Wayang Bodor, Marawis, Gambus, Ngabajidor dan Cigawiran serta Grup Oke melalui Band Gelonya membuat takjub pengunjung Mal Ramayana. “Alhamdulillah acara berlangsung sampai pergantian tahun tiba yakni pukul 00.10 WIB, 1 Januari 2019 dan berjalan sukses. Acara-acara hiburan dan dzikir bersama diakhiri ucapan kalimat takbir di akhir tahun 2018 berjalan sempurna,” terangnya.

Di tempat yang sama, Manager Ramayana Mal Garut, H Maman Iskandar, mengatakan dirinya mewakili Ramayan Mal Garut bekerjasama dengan DKKG melaksanakan kegiatan untuk menyambut tahun baru dengan kegiatan yang poisitif, sesuai dengan himbauan dan arahan dari Pak Bupati Garut, H Rudy Gunawan, bahwasannya menyambut Tahun Baru 2019 ini harus diikuti dengan kegiatan yang positif. Alhamdulillah ada kegiatan Pencak Silat, Ngabajidor, Jaipong dan Wayang Golek serta performance yang lain.

“Terima kasih kegiatan ini bisa berjalan degan baik. Ada juga penggalangan dana untuk korban bencana tsunami Banten dan Lampung. Kami berharap masyarakat bisa menyumbangkan sedikit rezekinya untuk warga yang terkena musibah. Terimakasih kepada untuk Ketua DKKG, Lasminingrat serta pihak kepolisian dan TNI. Mudah-mudahan tahun baru ini garut lebih baik,” ungkapnya. (Tim/Asep)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.