Dua Orang Diduga Gay Dibekuk Polda Jabar

LOGIKANEWS.COM – Kepolisian Negara Republik Indonesia, Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akhirnya membekuk dua orang pria yang suka sesama jenis, karena terbukti melanggar UU ITE Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat (1). Kedua orang ini terancam hukuman pidana maksimum Enam Tahun dan atau denda paling banyak satu Miliar Rupiah.

Hal itu terkuak saat Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar melakukan Jumpa Pers, Jumat, 19 Oktober 2018 di Mapolda Jabar. Kedua tersangka telah terbukti melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Wakil Ditreskrimsus Polda Jabar, AKBP Hari Brata di Gedung Ditreskrimsus di Mapolda jabar mengatakan, Polisi mendapatkan laporan dengan No : LPA/1021/IX/2018/Jabar, tanggal 18 Oktober 2018 atas nama pelapor Muhammad Hilman Nukas, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Bandung, Jawa Barat, Senin, 09 Oktober 2018.

“Para tersangka yakni Ikhsan Syamsudin alias Isan bin Kosasih almarhum dan Iwan Hermawan alias Boy Bin Aceng Saiman almarhum sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Dalam kasus ini, ada Tiga saksi diantaranya Agus Rachmat Nugraha, Lyonard Rumahlaiselan dan Dicky Wahyudi,” papar Hari.

Menurut Hari, selain dikuatkan oleh para saksi, perbuatan kedua tersangka pun dikuatkan oleh barang bukti yang kini telah disita dari Isan berupa Handphone berbagai merk sebanyak Tiga unit, Lima buah Kartu Simcard selular c, Satu Akun Group Media Sosial Facebook Gay Bandung Indonesia (GBI), 25 Pcs alat Kontrasepsi berikut pelumas. “Kami juga menyita Dua buah KTP,” katanya.

Hari menambahkan, timnya, tanggal 9 Oktober 2018 melalui penelusuran Cyber Patrol berhasil menemukan Grup Facebook Gay Bandung Indonesia (GBI). Grup tersebut dibuat sejak 26 Oktober 2015 dengan bertindak selaku admin grup adalah pemilik akun FB atas nama Ikhsan Syamsudin.

“Grup GBI merupakan wadah  komunitas pecinta sesama jenis yang memiliki 4093 anggota atau member. Dalam grup tersebut ditemukan banyak percakapan yang melanggar norma kesusilaan seperti percakapan orientasi sesama jenis, penawaran jasa pijat laki-laki, pembentukan grup WA Gay dan sebagainya,” tandas Hari.

Kedua tersangka menurut Hari, diamankan polisi pada hari Kamis tanggal 18 Oktober 2018 sekira pukul 02.00 wibdi sebuah rumah kosan di wilayah Jalan Jatimulya Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal Kota Bandung. “Isan dan Iwan ditangkap dilokasi dan waktu yang sama. Kedua pasangan sesama pria ini, setelah digeledah kamar yang yang ditempati pelaku dan didapati alat komunikasi sebanyak 5 unit Handphone, yang digunakan oleh pelaku mengelola group Facebook Gay Bandung Indonesia dan mengganti deskripsi nama Group menjadi “Peduli Gay Bandung” sekira tanggal 15 Oktober 2018,” ungkapnya.

Selanjutnya, sambung hari, dari Hasil Penggeledahan didapati pula alat Kontrasepsi sebanyak kurang lebih 25 Pcs dan alat bantu sex lainnya yang biasa digunakan tersangka melakukan hubungan sex antara kedua Pelaku dan diduga dengan teman pria lainnya.

“Modus Operandi yang dilakukan para tersangka ini menggunakan akun Facebook dengan nama akun “Syamsudin Ikhsan” membuat group Facebook “Gay Bandung Indonesia” dengan tujuan membuat wadah komunitas kaum sesuka sesama jenis (Homoseksual) dan memposting hal-hal yang berorientasi penyimpangan seksual di group Facebook,” katanya seraya menambahkan, kedua tersangka dikenakan  Pasal 45 Ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) UU RI no. 19 Tahun 2016 tentang perubahan terhadap UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE dan terancam hukuman penjara maksimal 6 tahun penjara dengan denda 1 Miliyar Rupiah. (Rilis/Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *