Dukungan Forum Sunda Ngumbara Untuk Program Gubernur

LOGIKANEWS.COM – Masyarakat Suku Sunda sebagai etnis suku terbesar kedua di Indonesia tidak hanya tinggal di Jawa Barat, tetapi sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia bahkan di luar negeri. Untuk semakin mempererat jalinan komunikasi antar masyarakat Sunda yang tinggal di luar Jawa Barat dan untuk menyatukan ideology cultural tanah Pasundan, maka dibentuklah satu organisasi, Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan yaitu Forum Sunda Ngumbara (FORMAS).

FORMAS : Asep Ruslan (Kaltara), Mohammad Iqbal (DPP), Tatto Sutamto (DPP), Dede Suparman (Kepri) dan Ruddy (Riau) (Ft: Ruslan)
Kepada Logikanews.com (Group majalah Logika & majalah Intan), Tatto Sutamto selaku Ketua DPP Formas didampingi  anggota Formas yang lainnya yaitu Asep Ruslan (Formas Kalimantan Utara), Mohammad Iqbal (Formas DPP), Dede Suparman(Formas Kepri) dan Ruddy (Formas Riau), saat menghadiri acara pisah sambut Guberur Jabar di Gedung Sate, Kamis (6/9/2018), mengatakan, FORMAS dideklarasikan dan kepengurusannya dikukuhkan di Kuta, Bali, Sabtu 14 Februari 2015. Dengan begitu seluruh warga Jabar yang merantau bisa terlindungi serta bisa dibantu agar kondisi ekonominya terus meningkat.
“Wadah ini bukan untuk menyatakan eksistensi Sunda, menonjolkan primordialisme atau etnosentrisme kesundaan, tetapi lebih kepada kesadaran kultural bahwa urang Sunda mempunyai potensi, kekuatan, peran dan kekayaan khasanah yang besar dalam pembangunan NKRI,” ujar Tatto Sutamto.
Asep Ruslan menambahkan, kontribusi urang Sunda sangat jelas, banyak tokoh Jawa Barat yang berperan di kancah nasional seperti Moh. Toha, Ir. H. Djuanda, Otto Iskandardinata, KH. Zainal Mustofa, Umar Wirahadikusumah (wakil presiden RI ke-4), Iwa Sewaka, Sanusi Hardjadinata, Mochtar Kusumaatmadja, Wiranatakusumah, Ahmad Heryawan (Aher), Ceu Popong,” ujar kang Asep Ruslan anggota Formas dari Provinsi Kalimantan Utara yang juga Ketua Paguyuban Asep Dunia.
Lebih lanjut kang Tatto dan Asep Ruslan mengajak kepada seluruh masyarakat Sunda dimana saja berada untuk turut berperan aktif dalam mendukung program pemerintah. “Formas mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Sunda dimanapun keberadaannya untuk turut berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dan program pemerintah daerah dimana saja ia berada,” ungkap kedua tokoh ini.
Harapan Kang Tatto kepada Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil dapat memberikan perhatian bagi keberadaan Forum Sunda Ngumbara, karena secara otomatis Gubernur Jawa Barat adalah dewan Pembina bagi Formas, (Ruslan)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *