FSB NIKEUBA Berikan Wawasan Tentang UU Serikat Pekerja

LOGIKANEWS.COM – Guna meningkatkan SDM di tubuh internal lembaganya, Federasi Serikat Buruh (FSB) Niaga Informatika Keuangan Perbankan dan Aneka Industri (NIKEUBA) Kabupaten Garut rutin melaksanakan pembahasan terkait UU dan permasalahan industri di Indonesia. Dan tentunya, sebagai lembaga yang terdiri dari para buruh, FSB NIKEUBA juga memberikan wawasan tentang UU Perburuhan kepada semua jajaran pengurus dan anggota yang tergabung di lembaga ini.

SYUKURAN: Ketua DPC FSB NIKEUBA Kabupaten Garut, Christian Kangae Keytimu SH memotong tumpeng diacara syukuran FSB NIKEUBA Usai pelatihan dan pemberian wawasan tentang UU Serikat Pekerja, di Sekretariat DPC FSB Nikeuba Kabupaten Garut, Jalan Raya Leles, depan Pabrik PT Changsin Reksa Jaya, Leles Garut. (FT:Asep Ahmad)

Ketua DPC FSB NIKEUBA, yang memiliki latar belakang pengacara memahami betul UU tersebut.
Sehingga pembekalan tentang UU ketenagakerjaan dan perburuhan bisa didapatkan oleh anggota setiap waktu.
Ketua FSB NIKEUBA, Christian Kangae Keytimu SH kepada Logika mengatakan, kebanyakan para pekerja di Kabupaten belum memiliki pengalaman bekerja. Sehingga, para karyawan ini masih banyak yang tidak mengetahui tentang UU ketenagakerjaan. Melalui FSB NIKEUBA ini para buruh yang tergabung di FSB NIKEUBA mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang hukum industri berikut aturan yang lain didalamnya, termasuk UU No. 21 tentang Serikat Pekerja.

“Melalui pemahaman hukum, aturan dan UU inilah nantinya para pekerja bisa bekerja dengan nyaman, bisa menyelesaikan setiap masalahnya dan tentu akan mampu memberikan solusi terbaik terhadap dia dan perusahaan tempatnya bekerja,” ujar Christian

Menurut Christian, sebagai organisasi yang memiliki maksud dan tujuan mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi buruh dengan hak seperti berunding secara kolektif untuk menyatakan pendirian, pendapat, hak untuk mengadakan perjanjian perburuhan dan perlindungan hukum, maka melalui pendidikan dan wawasan ini FSB NIKEUBA bisa menumbuh kembangkan solidaritas, rasa kebersamaan buruh pada bidang pekerjaan serta mewujudkan rasa persatuan sesama buruh. Mencapai kesejahteraan kaum buruh dan keluarganya. Menegakan hukum, keadilan dan demokrasi. Membela, melindungi dan memperjuangkan hak serta menggalang kebersamaan dan melakukan kerja sama sesama buruh.

“Sesuai dengan amanat UU No. 21 Tahun 2000 tentang serikat pekerja. Pengusaha atau perusahaan tidak boleh menghalang-halangi, tidak mengijinkan atau melarang kepada pekerja/buruhnya untuk berserikat apabila pekerja/buruh telah mengikuti syarat sesuai dengan Kepmenakertrans Nomor: Kep. 16/MEN/2001 tentang tata cara pencatatan serikat pekerja/serikat buruh karena hal tersebut akan bertentangan dengan Pasal 28 Jo. Pasal 43 UU RI no. 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh,” tandasnya. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *