FSB NIKEUBA Dipercaya sebagai Serikat Buruh Profesional

LOGIKANEWS.COM – Perkembangan dunia usaha di Negara Indonesia saat ini sudah tidak bisa terbendung lagi. Selain persaingan global, Negara Indonesia memiliki tingkat pengangguran yang begitu tinggi. Maka tak heran apabila Pemerintah Republik Indonesia membuka peluang bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Kehadiran investor ke Indonesia dipercaya, sekaligus sudah terbukti mampu membantu masyarakat dan Pemerintah dalam menanggulangi angka pengangguran. Puluhan ribu bahkan jutaan rakyat Indonesia bisa bekerja sekaligus mendapatkan penghasilan guna mencukupi kebutuhan hidupnya, karena dampak investasi. Namun demikian, tidak sedikit juga efek negatif yang muncul akibat investasi.

Ketua DPC FSB NIKEUBA Kabupaten Garut, Christian Kangae Keytimu SH. (FT:Asep Ahmad)

Kendati demikian juga, apapun resikonya sepertinya masyarakat Indonesia tidak bisa menolak keberadaan investor di tanah air. Setiap tahun jumlah investor semakin bertambah. Pun demikian di Kabupaten Garut. Saat ini banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di Kota Intan. Sudah puluhan atau ratusan ribu warga Garut yang menggantungkan hidupnya dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Garut.

Seiring pertumbuhan investor di Kabupaten Garut, hadir juga sejumlah serikat pekerja yang dipercaya mampu memperjuangkan hak-hak pekerja sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Salah satu serikat pekerja yang dipercaya mampu menjadi sandaran bagi pekerja adalah Federasi Serikat Buruh (FSB) Niaga Informatika Keuangan Perbankan dan Aneka Industri (NIKEUBA).

FSB NIKEUBA dipercaya sejumlah pekerja dapat membantu mewujudkan cita-cita masayarakat yang adil dan makmur. Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi buruh. “Saya percaya terhadap FSB NIKEUBA, karena visi dan misinya sesuai dengan kebutuhan kami sebagai pekerja. FSB NIKEUBA adalah serikat buruh yang professional,” ujar Ita Rosita, karyawan di PT Changshin Reksa Jaya, salah satu perusahaan besar yang berdiri kokoh di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

SIAP: FSB NIKEUBA Memiliki jajaran yang dipercaya mampu menjawab harapan para pekerja. Jajaran pengurus FSB NIKEUBA mengaku selalu siap membantu para pekera dan siap menjadi mitra terbaik untuk setiap perusahaan. (FT: Asep Ahmad)

Menurut Ita, PT Changshin saat ini memiliki karyawan sekitar 7.500 orang. Dari sekian banyak warga yang menggantungkan nasibnya di perusahaan ini, dipastikan hampir semuanya belum memiliki pengalaman bekerja. Sehingga, para karyawan ini masih banyak yang tidak mengetahui tentang UU ketenagakerjaan. “Melalui FSB NIKEUBA ini kami memiliki wawasan dan pengetahuan tentang hukum industri berikut aturan yang lain didalamnya, termasuk UU No. 21 tentang Serikat Pekerja,” ujarnya.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam tentang FSB NIKEUBA, Majalah Logika (Grup LogikaNews.Com dan Majalah Intan) melakukan wawancara langsung dengan Ketua DPC FSB NIKEUBA Kabupaten Garut, Christian Kangae Keytimu SH di ruang kerjanya, Jalan Raya Leles, Kabupaten Garut.

Menurut Christian, FSB NIKEUBA merupakan organisasi yang memiliki maksud dan bertujuan mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi buruh dengan hak seperti berunding secara kolektif untuk menyatakan pendirian, pendapat, hak untuk mengadakan perjanjian perburuhan dan perlindungan hukum.

“Melalui FSB NIKEUBA kami berupaya menumbuh kembangkan solidaritas, rasa kebersamaan buruh pada bidang pekerjaan serta mewujudkan rasa persatuan sesama buruh. Mencapai kesejahteraan kaum buruh dan keluarganya. Menegakan hukum, keadilan dan demokrasi. Membela, melindungi dan memperjuangkan hak serta menggalang kebersamaan dan melakukan kerja sama sesama buruh,” ujar Christian usai melaksanakan silaturahmi dengan Managemen PT Changshin Reksa Jaya, Sabtu (31/03/2017).

Menurut pria yang berprofesi sebagai pengacara ini, FSB NIKEUBA telah melakukan silaturahmi dengan dengan PT. Changshin Reksa Jaya yang diwakili oleh pihak management. Melalui silaturahmi tersebut diyakini akan membawa kearah hubungan yang harmonis, dinamis dan berkeadilan untuk terwujudnya cita-cita bersama buruh sejahtera dan pengusaha berlaba.

Christian menambahkan, serikat pekerja atau serikat buruh merupakan organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.

“Hal tesebut sesuai dengan amanat UU No. 21 Tahun 2000 tentang serikat pekerja. Pengusaha atau perusahaan tidak boleh menghalang-halangi, tidak mengijinkan atau melarang kepada pekerja/buruhnya untuk berserikat apabila pekerja/buruh telah mengikuti syarat sesuai dengan Kepmenakertrans Nomor: Kep. 16/MEN/2001 tentang tata cara pencatatan serikat pekerja/serikat buruh karena hal tersebut akan bertentangan dengan Pasal 28 Jo. Pasal 43 UU RI no. 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh,” ungkapnya.

Jajaran pengurus FSB NIKEUBA terdiri dari Cristian Kangae Keytimu SH selaku Ketua, Wakil Ketua Endang Bili, Sekjen Ade Aldera, bidang konsolidasi Momon. Sedangkan Ketua PK FSB NIKEUBA di PT Changshin Reksa Jaya saat ini diamanatkan kepada Imal Rahman. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *