Gabungan Organisasi Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan

SUBANG (LOGIKANEWS.COM) – Gabungan Organisasi Pantura Subang (GOPS), mengecam terjadinya kekerasan kepada Wartawan yang sedang bertugas meliput Pelantikan Kepala Desa Ciasem Tengah. Kekerasan dan intimidasi apapun terhadap media, terutama terhadap Wartawan yang sedang bertugas mengumpulkan data informasi untuk publikasi, merupakan ancaman terhadap kebebasan berekspresi Pers yang dilindungi Undang-Undang. Bahkan, didalam pasal 18 ayat (1) Undang-Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers dimungkinkan adanya sanksi atas tindakan penghalangan atau penghambatan tugas Pers.

Yang tergabung dalam mengikuti aksi Solidaritas stop kekerasan terhadap Wartawan, yaitu dari seluruh Lembaga Persatuan Wartawan, dari berbagai media online, elektronik, cetak dan seluruh gabungan dari berbagai LSM di Kabupaten Subang. LSM tersebut yaitu, LSM Gival, LSM Pemuda Pancasila, LSM GMBI, LSM Kompak, LSM Garuda Indonesia, LSM Gempar, LSM Merah Putih, LSM NKRI, LSM Penjara, LSM Laskar Indonesia, LSM Barak, LSM Dobrak, LSM Tindas, LSM Geram Sutra, LSM Pendekar. Aksi Solidaritas gabungan ini disebut aksi gerakan “51” (gerakan gabungan Wartawan dan LSM bersatu). Jumat, (05/01/2018).

Koordinator GOPS Aksi Solidaritas terhadap kekerasan wartawan dari LSM Gival (Gerakan Investigasi Antar Lembaga) Daus Kobra mengatakan, semua pihak harus menghargai dan menghormati pemberitaan media sebagai bagian dari iklim demokratis, karena bila tidak setuju dengan konten atau materi pemberitaan. Setiap orang diberikan hak untuk melangkah prosedur yang telah disediakan seperti, menggunakan hak jawab dan meminta koreksi melalui Dewan Pers atau Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). “Prosedur ini yang seharusnya digunakan oleh setiap pihak untuk mengeluh atas apa yang diberitakan oleh media masa, dan tidak memilih cara penyelesaian sendiri, apa lagi dengan cara kekerasa,” ungkapnya.

Sambung Daus, dalam aksi ini membuktikan bahwa Wartawan dan LSM di Kabupaten Subang bersatu. Disisi lain, lembaga-lembaga pengawas media termasuk Pemerintah Kabupaten Subang juga seharusnya dapat membina dan mendorong Profesionalisme Jurnalis untuk tetap menjaga indepedensi Pers di Kabupaten Subang.” Dan memastikan setiap media untuk berpegang pada prinsip Jurnalisme Profesional. Industri media, dengan berbagai macam kepentingannya harus pula tetap mendorong independensi, dan harus menggunakan prinsip etika jurnalistik,” pungkasnya. (Janoka/Nawawi/Rudi).

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *