Gelaran Seni Budaya yang Digagas DKKG Diapresiasi Artis Ibu Kota dan Pejabat

0 294

 

APRESIASI: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan diapit Mojang Jajaka Garut saat memberikan sambutan pada acara pembukaan gelar seni budaya yang dilaksanakan DKKG selama Tujuh hari, dimulai sejak tanggal 10 November 2018 bertepatan dengan Hari Pahlawan. Budi Gan Gan memberi apresiasi kepada DKKG yang menampilkan kearifan seni dan budaya lokal. (FT: Log)

LOGIKANEWS.COM – Kegiatan perdana yang dilakukan Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) menjadi gebrakan tanpa diduga-duga. Pasalnya, walau tanpa persiapan yang cukup, namun DKKG mampu melaksanakan gelar seni dan budaya selama Tujuh hari berturut-turut. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gedung Museum Garut R.A.A Adiwidjaya, Simpang Lima (Simlim), Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut yang dimulai tanggal 10 November 2018 mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari berbagai kalangan. Acara yang digerakan DKKG ini langsung dihadiri sejumlah tokoh dan sejumlah pejabat penting di Kabupaten Garut, Bandung dan Jakarta. Salah satu artis ibu kota yang hadir diacara tersebut yakni Doni Kusumah dan salah satu pelawak papan atas dan juga partner artis ibu kota, Sule yakni Kang Ogi SOS. Doni dan Ogi SOS datang dan mendukung DKKG dengan berbaur langsung dengan para seniman serta pejabat penting dari Pemkab Garut. Pejabat di Pemkab Garut seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud), Budi Gan Gan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo), Nurdin Yana dan beberapa pimpinan instansi vertikal seperti Kapolres Garut, AKBP Satria Wiguna dan Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Asyraf Azis ikut hadir pada hari pertama gelaran seni dan budaya dilaksanakan.

SANTAI: Sejumlah pejabat tinggi di Kabupaten Garut saat santai menikmati pentas seni yang dibawakan para seniman Garut. Dari kanan ke kekiri (Kadis Kominfo, Nurdin Yana, Kadisparbud, Budi Gan Gan, Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Asyraf Azis, Kapolres Garut, AKBP Satria Wiguna dan Ketua DKKG, Ji One). (FT: Log)

Menurut Doni Kusumah, dirinya sangat mendukung adanya DKKG. Pasalnya melestarikan budaya menjadi salah satu kewajiban. “Budaya harus dilestarikan, dibina dan dikembangkan. Saya mensuport DKKG agar lebih cepat menuju puncak,” katanya. Selain mendukung, Doni pun berpesan kepada DKKG dan semua pihak di Kabupaten Garut agar bisa memelihara dan melestarikan budaya sesuai dengan kearifan lokal yang ada di Kab Garut. “Saya merasa bangga dengan adanya DKKG yang langsung bergerak menggelar acara seni dan budaya di tempat ini,” ungkapnya. Ketua DKKG didampingi Sekretaris DKKG, Ji One dan Wa Ratno berterima kasih dan merasa bangga atas dukungan dari Doni Kusumah serta pejabat penting di Kabupaten Garut. “Atas nama DKKG saya berterimakasih kepada Kang Doni Kusumah yang mendukung dan juga menitipkan fasilitas berupa sound sistem wireless kepada DKKG untuk digunakan pada acara Car Free Day (CFD),” terangnya. Sesuai harapan dari Kang Doni Kusumah, DKKG berharap bantuan tersebut bisa digunakan DKKG sebagai sarana dan prasana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan seni. “Untuk menumbuh kembangkan kebudayaan ini kita akan membutuhkan banyak fasilitas atau sarana dan prasarana yang cukup. Mudah-mudahan melalui alat ini DKKG bisa menumbuhkan hal-hal kecil menjadi besar,” ujarnya.

INVENTARIS: Doni Kusumah saat memberikan sambutan. Selain mendukung adanya DKKG di Kabupaten Garut, Doni juga memberikan inventaris untuk digunakan DKGG dalam menjalankan aktifitas seni dan budaya. (FT: Log)

Ji One menambahkan, pihaknya juga berterima kasih kepada tokoh-tokoh seni  di Kabupaten Garut beserta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan. “Sesuai sambutan pak Budi Gan Gan sebagai Kadisparbud Kabupaten Garut yang menyatakan bahwa DKKG sebagai partner agar bisa meringankan atau membantu kinerja dan program pemerintah. Maka, kami sudah siap dan memang sudah menjadi program DKKG untuk melaksanakan berbagai program yang sesuai dengan program pemerintah,” katanya. Ji One juga merasa bangga, ketika Kadisparbud Kabupaten Garut mengaku bangga dengan adanya DKKG yang tampil beda serta mampu menyajikan tampilan keraifan lokal. “DKKG kedepan akan terus bergerilya menggelar kegiatan seni dan budaya dengan melibatkan semua unsur, utamanya seniman setempat dimana DKKG akan hadir melaksanakan semua aktifitas seni dan budaya,” pungkasnya. (Asep Ahmad)  

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.