KETUA KPUD GARUT: SINERGITAS TNI – POLRI, PERAN PEMDA DAN PARPOL DALAM TERCIPTANYA PEMILU YANG AMAN, KONDUSIF DAN BERKUALITAS

LOGIKANEWS.COM – Perhelatan besar pesta demokrasi dalam bentuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan anggota legislatif serta anggota DPD RI, telah berlangsung pada hari Rabu 17 April 2019 lalu.

Potret kerja keras KPU Garut beserta seluruh penyelenggara proses Pilpres dan Pemilu Legislatif DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD serta DPD RI. (Ft: Arif)

Pemilihan serentak dilakukan oleh para warga negara yang telah memiliki hak pilihnya, di seluruh wilayah Indonesia maupun perwakilannya yang berada di luar negeri, tak terkecuali di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kabupaten Garut memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.895.560 orang, yang terdaftar di 8.055 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan tersebar di 42 kecamatan, di 442 Desa/Kelurahan.

Dengan Kondisi Geografis Kabupaten Garut dengan luas 306.519 Ha (3.065,19 kmĀ²), yang sebagian besar wilayah adalah pegunungan, dengan jarak hubung antar Kota Kabupaten dengan Kecamatan dan desa mulai dari yang terdekat 1 KM sampai dengan jarak tempuh terjauh dari Kota Kabupaten 178 KM. Tentunya bukan hal yang mudah untuk dapat menyelenggarakan pesta demokrasi serentak pada 17 April 2019 kemarin.

Dengan demokrasi yang melibatkan banyak partai, dengan jumlah calon anggota legislatif dan calon anggota DPD yang juga banyak berkompetisi di wilayah Kabupaten Garut, serta head to head nya dua Capres dan Cawapres, tentu membuat dinamika tersendiri dalam sudut pandang keamanan dan kondusifitas masyarakat pada pra pemilu sampai hari H pemilihan dan pasca pemilu serentak ini.

Namun berkat peran serta masyarakat, penyelenggara pemilu, pemerintahan daerah/desa, juga peran TNI – Polri, Pemilu serentak 17 April 2019 pun dapat terlaksana dengan baik, meski dengan ketidak sempurnaan dan kekurangannya.

Mulai dari kesiapan logistik yang ditemukan tertukarnya surat suara antar daerah pemilihan (dapil), kekurangan kertas suara di beberapa TPS, hingga adanya dugaan money politik didalam dinamika pemilu tersebut pun menyeruak kepermukaan.

Junaidin Basri, sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut, selaku penyelenggara pemilu di daerah mengatakan, dirinya merasa sangat bangga dengan jajaran penyelenggara KPPS, PPS, PPK, Kesekretariatan KPUD, Para Komisioner serta seluruh masyarakat dan stake holder yang terlibat.

Tidak terkecuali para partai politik hingga terciptanya kondisi Kabupaten Garut yang aman dan kondusif. Meski sangat majemuk dalam perbedaan demokrasi, namun dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas.

“Saya juga ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada rekan-tekan dari TNI dan Kepolisian yang bekerja keras dalam menjaga kondusifitas pemilu serentak ini. Yang sejak awal membantu Kami (KPUD Garut), mulai dari persiapan pemilu, penyaluran logistik pemilu, sampai pengamanan di TPS, hingga pengawalan hasil Pemilihan di tingkat desa/kelurahan, Kecamatan hingga tingkat Kabupaten,” katanya.

Junaidin berharap, semoga kondisi aman, kondusif dalam demokrasi ini terus dapat dipelihara dan semua pihak bisa menjaga bersama hingga akhir masa pemilihan yang ditandai oleh dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta dilantiknya para anggota legislatif dan anggota DPD yang mendapatkan mandat dari masyarakat pemilih di Kabupaten Garut khususnya.

“Saya berharap kondusifitas di Kabupaten Garut bisa terus terjaga sampai akhir. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses demokrasi ini sampai terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (Arif)

Medan yang berjauhan dan terjal, tidak menyurutkan semangat penyelenggara Pilpres dan Pileg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta DPD RI. KPU Garut beserta petugas PPK, KPPS, TPS dibantu pihak Polri dan TNI mampu menyelenggarakan proses demokrasi di Kabupaten Garut dengan baik. (Ft: Arif)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *