Kiprah BNNK Garut Berantas Narkoba

GARUT (LOGIKANEWS.COM) – NARKOBA adalah musuh nyata bagi kehidupan manusia. Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia pun saat ini sudah sangat memperihatinkan, untuk itu Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia terus melakukan perlawanan terhadap Narkoba, begitupun dengan BNNK Garut yang terus bekerja keras memerangi Narkoba di Kota Inta.

Kepala BNNK Kabupaten Garut, Drs Anas Saepudin M.Si sebagai panglima di BNNK Garut membawa jajarannya ke semua sektor. Semua elemen masyarakat didatanginya. Semua lembaga diajaknya dan semua pihak diajak untuk bersama-sama memerangi Narkoba di tanah air tercinta. Hampir tidak ada yang ia lewati.

Mulai dari lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, organisasi kemasyarakatan pun ia ajak untuk memperhatikan kondisi lingkungannya agar benar-benar bebas dari rongrongan pihak-pihak terkait yang tidak bertanggung jawab.
Pendekatan yang dilakukan pihak BNNK Garut pun sangat kreatif, bahkan baru-baru ini BNNK Garut mengajak masyarakat menghindari bahaya Narkoba dengan melakukan aktifitas positif, diantaranya mengembangkan skill mencukur.

BNNK Garut menggandeng sekolah cukur Lanang Barbershop yang ada di Kecamatan Banyuresmi Garut. Kegiatan pemberdayaan alternatif berupa pelatihan life skill yakni mencukur kepada 10 pemuda dari perwakilan 10 desa se Kecamatan Garut Kota. Para peserta mendapatkan paket peralatan dan bahan pelatihan dari BNNK Garut. Dalam kesempatan itu, juga dihadiri Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Garut.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memebrikan jalan dan fasilitas awal kepada para pemuda untuk beraktifitas positif hingga terhindar dari bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” ujar Anas Saepudin.

Pelatihan mencukur ini dilakukan dari pemamaparan teori tekhnik mencukur sampai dengan mempraktikan serta menggunakan perlatan serta bahan cukur yang diberikan BNNK Garut. Dibawah bimbingan para praktisi 10 peserta mengaplikasikan keilmuan dan tehnik mencukur secara langsung, dengan harapan memberikan pengalaman sebagai bekal skill mencukur.
Sebelumnya, pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut, Senin, 14 Agustus 2017 lalu Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut bersama beberapa instansi terkait melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Asesment Terpadu (TAT) dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Rehabilitasi Pecandu Narkoba.

Hadir selaku narasumber Bapak Drs. Anas Saepudin, M.Si (Kepala BNNK Garut) dan Bapak AKBP. Deni Yusdanial (Kepala BNNK Sukabumi) dan diikuti oleh beberapa instansi di antaranya Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Ketua Pengadilan Negeri Garut, Kasat Narkoba Polres Garut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut, Kepala Bapas Kabupaten Garut dan Anggota TAT BNNK Garut.

Pecandu narkoba yang belum bisa memerdekakan dirinya dari kecanduan narkoba, diharapkan bisa segera melapor kepada BNNK Garut, dan keterlibatan semua pihak termasuk anggota keluarga pecandu sangat berperan penting bagi kesuksesan program rehabilitasi pecandu narkoba.
Selain itu, anggota Brimob menjalani tes urine pada hari Rabu ( 02 Agustus 2017 ) di mako Sub Den 4 Den A Por Satbrimobda Jawa Barat yang beralamat di Jalan Jenderal Soedirman no.333 Garut. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mendukung program Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut terhadap upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Sub Den 4 Den A Por Satbrimobda Jawa Barat, AKP H Saeful Bahri, S PdI mengatakan, sinergitas yang dibangun antara Brimob Garut dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut sebagai wujud kerja sama yang nyata antara kedua institusi milik negara mengawali kegiatan-kegiatan berikutnya, terutama dalam upaya penindakan penyalahguna dan pelaku kejahatan narkoba.

Dalam sambutannya Drs. Anas Saepudin,MSi mengatakan bahwa kegiatan tes urine di Mako Brimob Garut tidak bermaksud untuk mencurigai adanya kemungkinan penyalahguna di kalangan anggota Brimob, namun hal ini dimaksudkan untuk membuktikan kepada publik bahwa seluruh anggota Brimob Garut mendukung upaya membersihkan diri dari pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Anggota Brimob Garut akan selalu konsisten untuk mengawal keamanan dan ketentraman masyarakat khususnya di wilayah hukum Kabupaten Garut termasuk menjadi garda terdepan dalam memerangi kejahatan narkoba, yang secara nasional dan internasional semakin merajalela tanpa mengenal status pendidikan, sosial, budaya, ekonomi dan lainnya. Dari hasil tes urine ternyata semua anggota Brimob Garut dinyatakan bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan dilanjutkan dengan latihan menembak di lapang tembak milik Brimob Garut. Guna memberikan pengetahuan dan keterampilan terutama bagi anggota Badan Narkotika Nasional Kabupaten Garut untuk menghadapi ancaman dan gangguan dari sindikat peredaran gelap narkoba. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *