Komisi A Sidak Ke Kecamatan Karangpawitan

Yudha Puja Turnawan: Sidak Untuk Memastikan Pemkab Garut Menjalankan Instruksi Mendagri

0 127

LOGIKANEWS.COM – Komisi A DPRD Kabupaten Garut melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kecamatan Karangpawitan, Selasa (17/07/2018). Kegiatan ini dilakukan pihak legislatif guna memastikan pihak Pemkab Garut telah melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Nomor 470/ 837/ SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

MELAYANI LEBIH DARI SATU KECAMATAN: Kecamatan Karangpawitan saat ini melayani pembuatan e-KTP lebih dari satu kecamatan. Camatan Karangpawitan, Rena Sudrajat (Baju Batik) saat menerima Sidak Komisi A DPRD Garut. (Ft:ist)

Wakil Ketua Komisi A DPRD Garut, Yudha Puja Turnawan kepada Logika mengatakan, untuk menjalankan fungsi pengawasan dari DPRD Garut, Komisi A melakukan sidak ke Kecamatan Karangpawitan berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan.

“Dari sidak ini kami mendapatkan informasi bahwa di tahun 2018 ini sudah ada 14 kecamatan yang bisa melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik ( KTP-el),  salah satunya kecamatan karangpawitan. Kecamatan karangpawitan ini memback up kecamatan-kecamatan di Dapil Satu, kecuali Kecamatan Garut Kota,” ujar Yudha.

MELAYANI: Pegawai di Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut saat melayani masyarakat yang membuat e-KTP. (Ft: Ist)

Sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Garut, H Alit Suherman disertai dengan jajaran Komisi A, seperti Usep Setiawan, Yayat dan Dadan Gunawan menyimpulkan bahwa saat ini bukan hanya warga Karangpawitan saja yang bisa cetak KTP-el di Kecamatan Karangpawitan, tetapi warga lain di kecamatan lain seperti Sucinara, Wanaraja, Pangatikan, Karangtengah dan Sukawening juga bisa melajukan pencetakan KTP-el di Karangpawitan.

Printer pencetakan KTP-el di Garut Kota selain di Kecamatan Karangpawitan juga ada di Kecamatan Cilawu dan Garut Kota. Menyikapi hal ini, pihak DPRD berharap pengadaan printer pencetakan ini bisa diadakan di setiap kecamatan, agar memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama dan merata.

“Apabila Kecamatan Karangpawitan menampung warga dari Kecamatan lain, maka kami yakin pelayanannya tidak akan optimal. Pegawai di Kecamatan Karangpawitan juga akan keteteran melayani pembuatan KTP-el. Untuk itu kami berharap Pemkab Garut bisa mengadakan mesin yang sama di setiap kecamatan, terutama di daerah yang jauh seperti Kecamatan di Garut Selatan,” papar Yudha.

Walaupun, sambung Yudha, dari tanya jawab dengan operator di Kecamatan Karangpawitan, bahwa ketersediaan blangko KTP-el bisa memadai dan memenuhi serta tidak ada kendala sehingga kebutuhan warga Sucinaraja dan Wanaraja bisa terpenuhi, namun akan lebih baik apabila penecatakan itu dilakukan di masing-masing kecamatan di seluruh Kabupaten Garut.

“Inspeksi komisi A ke Kecamatan Karangpawitan untuk memastikan pemerintah daerah menjalankan instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 470/ 837/ SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan,” ungkapnya.

Yudha menegaskan, isi dari instruksi Mendagri tersebut Pemerintah Daerah wajib melakukan pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan setiap penduduk. Sehingga Komisi A mendorong agar Pemkab lebih berkomitmen lagi terhadap pelayanan adminduk di Garut.

15 KECAMATAN: Sampai saat ini di Pemkab Garut baru 15 Kecamatan yang sudah melayani pembuatan atau pencetakan e-KTP. Komisi A terus mendorong Pemkab Garut agar bisa mengadakan mesin pencetak e-KTP di 42 Kecamatan seluruh Garut. (Ft:ist)

“Kebutuhan anggaran agar kecamatan bisa melakukan pencetakan KTP-el sekitar 90 Juta Rupiah. Apabila dihitung dari 27 Kecamatan yang belum bisa melakukan pencetakan e-KTP, bila dikalikan Rp 90 juta, maka pihak Pemkab hanya membutuhkan anggaran sebesar Rp 2,4 Milyar,” terangnya.

Yudha kembali menegaskan, Komisi A mendorong agar di APBD Perubahan Pemda Garut menunjukan komitmennya untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan dalam pelayanan kependudukan.

“Kami akan terus mendorong Pemkab Garut agar bisa merealisasikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat di seluruh Garut melalui kemudahan pencetakan e-KTP,” katanya. (Asep Ahmad).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.