KPU dan Bawaslu Diminta Publikasikan Hasil Pelaporan dan Temuan Pelanggaran Pemilu

LOGIKANEWS.COM – Koordinator Koalisi Masyarakat Bersatu (KMB), Abu Musa Hanif Muttaqin berjalannya demokrasi dalam pemilu yang memiliki slogan jujur, adil dan berintegritas hanyalah isapan jempol belaka, apabila tidak ditunjang oleh penegakan terkait pelanggaran-pelanggaran yang berkenaan dengan money politik dan penggelembungan suara, yang dilakukan calon maupun penyelenggara. Baik pada tingkatan KPPS, PPS dan PPK.

“Harapan kita pada Bawaslu agar bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kami menilai pemilu sekarang adalah pemilu terburuk sepanjang era reformasi,” ujar Abu Musa.

Menurut Abu, informasi tentang hasil rekapitulasi perhitungan suara tertutup rapat. Itu artinya KPU telah melanggar UU yang mengatur tentang informasi dibuka seluas-luasnya kepada publik setelah perhitungan selesai.

“Tetapi itu tidak dilakukan oleh KPU, mulai dari KPPS, PPS dan PPK. Untuk itu KMB mendesak Bawaslu memproses setiap pelanggaran yang bersipat pelaporan atau temuan baik yang dilakukan oleh calon maupun penyelenggara,” paparnya.

Dalam hal ini, sebut Abu, komisioner KPU PPK, PPS dan KPPS wajib mempublikasikan hasilnya kepada publik agar kejadian serupa tidak terulang di pemilu 2024 serta memberikan efek jera kepada pelaku pelanggaran.

“KPU dan jajaran lainnya yang terlibat sebagai pelaksana pemilu, wajib menyampaikan segala informasi secara transparan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Asep Ahmad).

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *