LBH Padjajaran Akan Ciptakan Pengacara Muda Idealisme

0 129
Pendiri sekaligus Pengawas LBH Padjajaran, Hasanuddin. (FT: Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM – Belum lama ini Kabupaten Garut dihebohkan oleh gebrakan mantan Bupati Garut, Agus Supriadi SH yang mendirikan Lembaga bantuan Hukum (LBH) Padjajaran. Lembaga yang berkantor di Villa Cireungit, Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut ini terdiri dari tokoh senior dan pengacara muda yang syarat dengan pengalaman.

Agus Supriadi sebagai tokoh di Kabupaten Garut dipercaya memiliki pengalaman yang baik seputar kehidupannya yang bersentuhan dengan hukum. Hiruk pikuk persoalan penegakan hukum menjadi gambaran keadilan di lingkungan masyarakat. Melalui LBH ini Agus Supariadi dan rekan akan berupaya memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

Direktur LBH Padjajaran, Tomi Mulyana SH MH. (FT: Asep Ahmad)

“Kebenaran dan keadilan didalam negara hukum adalah kewajiban semua pihak.Kebeneran dan keadilan akan membentuk tertib sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan oleh sebab itu dibentuk Lembaga Bantuan Hukum Padjajaran dengan tujuan mengawal kebenaran dan keadilan hukum,” tegas Agus Supriadi saat menggelar Jumpa Pers di kediamannya, Minggu (01/10/2018).

Sebelumnya, sebagian masyarakat banyak membicarakan langkah Agus Supriadi yang membentuk LBH. Apa tujuan dan maksud mantan orang nomor satu di Kabupaten Garut tersebut mendirikan lembaga yang bergerak di bidang hukum. “Tujuan saya beserta rekan-rekan di LBH Padjajaran yakni agar dapat memperjuangkan kebijakan publik yang berkeadilan, berpihak pada kepentingan masyarakat, lingkungan hidup dan Hak Asasi Manusia,” terangnya.

Pengawas LBH Padjajaran, Hasanuddin menambahkan, LBH Padjajaran akan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya mendirikan pos kegiatan hukum (Posbakum) di setiap lingkup peradilan umum dan Peradilan tata Usaha Negara (TUN), mengadakan penyuluhan hukum, konsultasi hukum dan memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat luas yang tdak mampu.

Sekretaris LBH Padjajaran, Windan Jatnika SE (Kanan) dan Bendahara Deni Rhamdani. (FT: Asep Ahmad)

“Khususnya kasus-kasus hukum yang berkaitan dengan kepentingan publik dan menjadi perhatian umum meliputi masalah hukum keperdataan, masalah hukum pidana serta masalah hukum tata usaha negara, baik litigasi dan non litigasi,” papar Hasanuddin.

Menurut Hasanuddin, selain melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan hukuk, LBH Padjajaran juga akan membentuk pengacara muda yang memiliki visi memperjuangkan idealisme kebenaran dan keadilan, memiliki karakter dan keberpihakan kepada masyarakat.

“Saat ini banyak generasi baru yang produktif. Banyak mahasiswa study hukum yang berhasil menyelesaikan jenjang pendidikannya hingga menjadi pengacara. Untuk itu, kami akan mengajak mereka untuk bekerjasama dan bersama-sama menjalankan karakter idealisme kebenaran dan keadilan yang berpihak kepada masyarakat, memperjuangkan kebijakan publik yang berkeadilan, lingkungan hidup dan Hak Asasi Manusia” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hasanuddin menyampaikan profil LBH Padjajaran sekaligus Motto dari lembaga yang dia dirikan bersama Agus Supriadi dan rekan-rekannya. “Lembaga ini berbentuk badan hukum yayasan, dengan akta pendirian Nomor 02 tanggal 24 September 2018. Notaris Tubagus Herdy Ferbiawan, SH,. M.KN. Motto LBH Padjajaran adalah Kebenaran dan keadilan untuk semua,” ungkap Hasanuddin.

Selain itu, Hasanuddin juga menyampikan struktur organisasi LBH Padjajaran. Pendiri LBH ini terdiri dari Agus Supriadi, Hasanuddin, Deni Rhamdani dan Tomi Mulyana SH MH. Untuk pembina dipercayakan kepada Agus Supriadi SH, Hasanuddin sebagai pengawas, Direktur Tomi Mulyana SH MH dan Sekretaris Windan Jatnika SE serta Bendahara Deni Rhamdani.

Ada juga beberapa divisi diantaranya Divisi Hukum dan Kebijakan Advokasi, Hasanuddin. Divisi Pendidikan dan Pelatihan Pelatihan Hukum, Budi Rahadian, SH dan Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum, Risman Nuryadin. “LBH Padjajaran kami ambil dari nama Kerajaan Padjajaran,” tambah Agus Supriadi kepada sejumlah media yang ada saat itu. (Asep Ahmad)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.