LSM GMBI Perjuangkan 553 Jiwa Korban di Cisompet

GARUT (LOGIKANEWS.COM) – LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia), Distrik Kabupaten Garut terus memperjuangkan korban bencana alam di Dusun Ciawi, Desa Sindangsari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut. 171 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 553 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Mereka pun kehilangan mata pencaharian dan kehilangan fasilitas umum serta fasilitas ibadah.
Selama hampir 19 bulan, semenjak musibah tersebut warga hanya menempati tenda-tenda pengungsian dan hunian. Selama ini juga mereka mereka menunggu kejelasan nasibnya.
Sampai saat ini warga belum direlokasi ke tempat yang layak. Padahal warga sudah sering mempertanyakan dan meminta kepada pihak Pemkab Garut agar segera dilakukan relokasi.
Namun permohonan warga sepertinya tidak digubris pihak Pemkab Garut. Apa yang dijanjikan pihak pemerintah untuk merelokasi ke tempat yang aman dan layak tidak pernah direalisasikan. Bahkan Pemkab Garut dianggap menelantarkan warga.

Untuk itu, sebulan lalu, tepatnya tanggal 24 Agustus 2017, LSM GMBI dan ratusan warga mendatangi Gedung DPRD guna menyampaikan aspirasinya. LSM GMBI mendesak Pemkab Garut untuk segera merealisasikan relokasi warga korban bencana pergeseran tanah di Dusun Ciawi, Desa Sindangsari, Kecamatan Cisompet.

Menuntut DPRD Garut untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja dinas/instansi dan institusi terkait yang menjadi leading sektor penanganan bencana, baik tanggap darurat, penanganan pasca bencana serta rehabilitasi warga korban sehingga kembali pada keadaan semula. Meminta kepada Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Kepala BPBD dan Kepala dinas Sosial, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Kepala Dinas Kesehatan Garut untuk terjun langsung bersama-sama secepatnya ke lokasi tempat pengungsian sementara.
“Saya tegaskan, pernyataan ini bisa menjadi acuan Pemkab Garut dalam melaksanakan tugas melayani, melindungi, mengayomi masyarakat sebagai pemilik negeri ini,” tegas Ketua LSM GMBI Distrik Garut, Ganda Permana. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *