LSM KPLHI ANCAM PIDANAKAN BUPATI GARUT DAN KADIS PUPR

GARUT (LOGIKANEWS.COM) – Rencana pembangunan pabrik sepatu oleh salah satu perusahaan di Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut menuai protes. Pasalnya, pembangunan tersebut tepat di wilayah yang tidak direkomendasikan pihak PVMBG (Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi), Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Bahkan, bagi pihak-pihak yang diduga membantu berdirinya perusahaan tersebut seperti Kades, camat, kepala dinas dan siapapun yang mengeluarkan rekomendasi maka akan terkena sangsi pidana.

Dalam hal ini, Kadis PUPR Kabupaten Garut yakni Uu Saepudin akan dipidanakan, karena telah mengeluarkan rekomendasi untuk pembangunan pabrik di wilayah atau zona yang tidak direkomendasikan oleh PVMBG tersebut.

Selain Uu selaku Kepala Dinas PUPR, Bupati Garut pun yakni H Rudy Gunawan bisa juga dipidanakan. Karena bupati sudah mengetahui keterangan dari PVBMG, namun tetap keukeuh mengeluarkan perijinan untuk perusahaan di Desa Cijolang.

Ketua Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Kabupaten Garut, Roni Faisal Adam mengatakan, untuk Desa Cijolang dan Pasirwaru, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut tidak bisa dijadikan lahan berdirinya pabrik. Karena, wilayah ini dianggap rawan.

“Sudah jelas dalam rekomendasi PVMBG untuk lokasi di Desa Cijolang atas pertimbangan tingkat kerentanan gerakan tanah, maka lokasi ini tidak direkomendasikan untuk dijadikan kawasan industri,” ungkapnya.

Menurut Roni, bupati dan kepala dinas terkait mustahil tidak mengetahui ketentuan tersebut. Karena, surat rekomendasi dari PVMBG sudah diterima pihak Pemkab Garut.

“Keterangan tersebut hasil survey verifikasi yang diikuti oleh berbagai unsur yang berasal dari Pemda Garut, Pemprov Jabar, Perwakilan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan perwakilan pusat PVMBG/Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,” katanya.

Roni menuntut Bupati Garut untuk membatalkan Desa Cijolang sebagai kawasan industri dan menghentikan kegiatan perusahaan yang akan melakukan pembangunan.

“Saat ini pihak perusahaan dan Pemkab Garut sejak hari Kamis, 26 Oktober 2017 telah melaksanakan sosialisasi di Kecamatan Limbangan, terkait rencana pembangunan pabrik sepatu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Kabupaten Garut, Uu Saepudin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (26/10/2017) tidak merespon pertanyaan wartawan. (Asep Ahmad)

Foto dalam
Surat Keterangan dari PVMBG yang menyatakan Desa Cijolang di Kecamatan Limbangan tidak bisa dijadikan sebagai kawasan industri (FOTO:DOK)

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *