Mahani dengan Urban Bee “Teuweul Bogor” Sukses Kembangkan Budidaya Lebah Perkotaan

LOGIKANEWS.COM – Urban Bee “Teuweul Bogor” berhasil membudidayakan Lebah di tengah padatnya pemukiman dan bangunan perkotaan Kota Bogor, tepatnya di Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Mahani bersama Pengurus API Pusat & Apida Jabar di Urban Bee Teuweul Bogor (Ft: Asep Ruslan)
Mahani bersama Asep Ruslan (Ketua Paguyuban Asep Dunia & Pengurus Apida Jabar) di Urban Bee Teuweul Bogor (Ft: Asep Ruslan)

Dr. Mahani, SP, M.Si adalah pemilik Urban Bee Teuweul Bogor. Selaku Komisaris Utama CV.Nutrima Sehatalami yang beralamat di Jalan Panorama 5 No.85 RT05 RW05, Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Perusahaan produsen Health Food/Nutraceutical/Obat Tradisional yang berbasis produk perlebahan yang mampu memperkenalkan keunggulan Propolis beserta teknologinya di dunia.

Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad dan Dewan Pakar Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) Daerah Jawa Barat, kepada Logikanews (Group Majalah Logika & Majalah Intan) mengungkapkan rahasia keberhasilan budidaya Urban Bee Teuweul Bogor.

“Urban Bee adalah lebah kota dari jenis Trigonula Biroi, yang tidak butuh perawatan khusus dan budidayanya sangat sederhana,” kata Mahani, Sabtu (29/12/2018).

“Dua hal penting yang harus diperhatikan, Pertama, penanaman sumber pakan yang memadai. Kedua, pemilihan Stup/kotak lebah sebagai tempat perlindungan lebah dari perubahan cuaca, panas matahari, predator dan lingkungan yang dapat mengancam koloni lebah,” tambah Mahani menjelaskan.

“Prinsipnya harus menanam tanaman yang menjadi sumber pakan bagi lebah dan pakan tersebut disukai oleh spesies lebah yang dibudidayakan,” ujar Mahani.

Tanaman pakan dikombinasikan sedemikian rupa setiap hari, sepanjang hari dan sepanjang tahun tersedia pakan yang melimpah bagi lebah. Tanaman juga dikombinasikan untuk memenuhi kebutuhan nektar (bahan baku madu), serbuk sari (bahan baku bee pollen) dan resin (bahan baku propolis). Selain itu, pemilihan spesies lebah. Lebah yang berhasil dengan produktivitas tinggi yaitu lebah spesies Trigonula Biroi. Lebah ini tanpa sengat (stingless bee), berukuran mini dan rajin mencari pakan.

“Lebah ini juga kami sebut sebagai lebah propolis, karena produksi propolisnya sangat tinggi,” kata Mahani.

Hasil panen Urban Bee “Teuweul Bogor” rata-rata satu liter per stup per 4 bulan. Hasil ini tergolong sangat tinggi. Di tempat lain, dengan jenis lebah yang sama butuh lebih dari 10 stup untuk menghasilkan satu liter madu.

Mahani menjadi pembudidaya pertama Urban Bee yang berhasil di Indonesia.

“Boleh dikatakan, Urban Bee “Teuweul Bogor” merupakan Urban Bee kedua yang berhasil di dunia.  Yang pertama adalah Urban Bee di London, Inggris dengan jenis lebah Apis mellifera. Beberapa pihak di Indonesia mungkin sudah mencoba lebih dulu. Namun hasil madunya sangat rendah, bahkan tidak produktif,” kata Mahani.

Dikatakannya, manfaat Urban Bee diantaranya adalah mendorong penghijauan, meningkatkan kualitas lingkungan melalui penghijauan, hasil panen meningkat, juga bisa dijadikan wisata pendidikan dan wisata lingkungan.

Mahani melalui CV. Nutrima Sehatalami berkomitmen menjadi yang terdepan sebagai Green Industry.

“Dalam proses produksi, hanya sedikit limbah yang dihasilkan dan limbah ini pun berhasil diubah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Selain itu, keberadaan CV. Nutrima Sehatalami mendorong kelompok-kelompok tani dari seluruh nusantara untuk giat menghijaukan lingkungan dan hutan sebagai upaya menjaga produktivitas hasil lebah (madu, beepolen, dan propolis),” pungkasnya. (Asep Ruslan)

 

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *