Mantan Pegawai Migran Indonesia Asal Purwakarta Minta Uang Dikembalikan ALG

LOGIKANEWS.COM – NNG (54) Wanita mantan Pegawai Migran asal Plered, Purwakarta, Jawa Barat berharap uang yang diterima ALG alias AK, oknum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di salah satu Kabupaten wilayah Jawa Barat meminta uangnya dikembalikan, dengan alasan karena tidak jadi diberangkatkan ke Arab Saudi sebagai “Pembantu Rumah Tangga” di Tahun 2018.

MERIAH: Ditengah-tengah kemeriahan HUT RI yang ke 74 yang dilaksanakan Pemkab Purwakarta, masih ada sejumlah warga Purwakarta yang menjadi korban oknum salah satu pihak. Warga Purwakarta yang menjadi PRT di Arab saudi mengaku uangnya raib dan belum kembali oleh salah satu oknnum. (FT: Laela)

“Katanya karena sesuatu hal, saya tidak bisa berangkat ke Arab Saudi. Alasan itu membuat saya sangat bingung,” ungkap NNG kepada awak media ketika ditemui ditempat kediamannya baru-baru ini.

NNG menjelaskan, berawal dari niatnya untuk kembali bekerja di Arab Saudi, setelah pulang ke Indonesia, NNG ingin melanjutkan bekerja di tempat majikannya warga Saudi Arabia yang dikenalnya baik. Pihaknya berharap baik-baik saja dengan mencari pihak yang dapat memprosesnya. Sejalan waktu berlalu selama berbulan-bulan proses keberangkatannya tidak jelas.

Paspor NNG diduga ada ditangan wanita inisial TN yang tinggal di daerah Jakarta Timur. NNG dikenalkan tetangga kampungnya yang mengenal TN. Paspor diberikan NNG di tempat kontrakan TN karena mengira mampu membantunya lancar untuk kembali bekerja sebagai pembantu. Namun, saat diajak bersama ke kedutaan Arab Saudi di Jakarta, TN tidak mau dan menakut-nakuti akan banyak pertanyaan dari pihak kedutaan dan diminta uang rokok jika NNG dan tetangganya ke kedutaan itu.

NNG dan Dua orang yang mengantarnya kecewa kepada TN yang tidak mau berangkat bersama-sama ke Kedutaan. Akhirnya mereka mencari pihak lain yang bisa membantunya untuk bisa kontak dengan pihak Kedutaan dan majikan NNG. Pilihan itu jatuh pada ALG dari salah satu pihak Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), yang saat itu banyak dikenal dikalangan para sponsor calon tenaga kerja.

Ketika dikonfirmasi media ini TN mengaku, Paspor NNG tidak ada padanya. Dengan nada tinggi TN mengatakan, punya saudara bekerja di Tipikor dan suaminya pria yang banyak memiliki keluarga anggota kepolisian, sehingga tidak takut dengan siapapun.

Dirinya menegaskan tidak menyimpan Paspor NNG, Paspor tersebut di kedutaan. Belakangan tersiar kabar Paspor NNG ada padanya dan siap memproses keberangkatan kerja NNG. Namun karena uang untuk proses tersebut sudah ditangan ALG yang sebelumnya sudah kontak majikan NNG dan menstransfernya ke pihak keluarga NNG. Selanjutnya sampai ketangan ALG sebesar RP 40.000.000,-

Uang tersebut untuk proses keberangkatan kerja NNG kembali setelah cuti, di duga kuat TN salah seorang oknum yang biasa mendukung proses pengiriman Tenaga Kerja Wanita Migran secara Ilegal ke Timur Tengah tanpa PT (Perusahaan, red) meminta sejumlah uang pada ALG.

Ketika akan dikonfirmasi disalah satu kantor PJTKI, tempat yang menurut banyak sumber kantornya ALG di wilayah Jakarta Timur, Selasa (7/8/2019) tidak ada di tempat. Salah seorang pria dewasa yang tidak mau disebut namanya mengatakan, sekarang sudah dilantik menjadi anggota DPRD. “Cari saja ke Cianjur,” paparnya.

Remaja wanita berkaca mata yang ditemui di kantor tersebut menegaskan, tidak ada ALG di  kantor itu. Beberapa nomor kontak ALG dari berbagai sumber ketika dihubungi belum tersambung. Berbagai bukti ada pada redaksi. (Laela)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *