Mengenal Lebih Dekat Sosok Achyar Al Rasyid

LOGIKANEWS.COM – Achyar Al Rasyid pemuda kelahiran Bandung 28 Juli 1991 dikenal sebagai organisatoris muda dan energik dari Jawa Barat. Putra satu-satunya dari pasangan Bapak Drs. H. Asep Hermawan MH dan ibu Hj. Penti Supiantini ini memang dikenal sebagai sosok organisatoris yang visioner.
Jiwa kepemimpinan yang Achyar miliki bukanlah hal yang instan, sejak ditingkat SMP ia sudah menjadi Ketua OSIS di SMP Salman Alfarisi Fullday School Bandung. Pengalaman menjadi ketua OSIS selama di SMP membawa Achyar dipercaya menjadi ketua OSIS di SMA Insan Cendekia Al-Kautsar. Semangat berorganisasi yang dimiliki oleh Achyar tak lepas dari peran kedua orang tua, bahkan ayah dari Achyar Bapak Asep memberikan hadiah yang sangat istimewah ketika Achyar terpilih menjadi ketua OSIS, yang mana hadiah itu tidak diberikan ketika Achyar memperoleh rangking satu dikelasnya. Dukungan dan restu yang diberikan oleh kedua orang tua didasarkan pada pandangan bahwa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan memiliki visi bisa didapatkan dengan cara aktif di organisasi.
Ketika kuliah S1 di Telkom University Achyar terpilih menjadi Presiden Mahasiswa KBM Telkom University periode 2012-2013. Dimasa kepemimpinannya, Achyar bersama kawan-kawan BEM dari berbagai kampus memimpin demo di gedung DPR-RI yang menjadikan Achyar sempat ditahan oleh pihak Kepolisian karena menurunkan foto Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di gedung MPR-DPR sebagai bentuk protes terhadap kebijakan pemerintah.
Pada Tahun 2014 Achyar terpilih untuk menahkodai Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung periode 2014-2015. Pada saat memimpin HMI Cabang Bandung kepengurusan HMI Cabang Bandung fokus pada proses kaderisasi formal, Informal dan Nonformal di HMI sebagai wujud nyata implementasi fungsi HMI sebagai  organisasi kader. HMI Cabang Bandung saat berada dibawah kepemimpinan Achyar selama satu tahun, melaksanakan delapan kali training tingkat Nasional. Diantaranya, dua kali melaksanakan Intermediate Training (LK-2), dua kali melaksanakan Senior Course (SC), dua kali sekolah Caknur (SCN), HMI Entrpreneurship Training satu kali dan training aksi serta advokasi satu kali.
Saat ini Achyar berkomitmen untuk fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas perkaderan di HMI, yang dijalankannya dengan konsisten dan berlanjut. Ketika Achyar dipercaya untuk menjadi ketua umum Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Barat, dimasa kepemimpinan Achyar BADKO HMI Jawa Barat sebagai BADKO yang terakhir dilantik menjadi BADKO pertama yang melaksanakan Advance Training, terhitung satu bulan sesudah pelantikan. Dalam waktu genap Enam bulan telah melaksanakan Dua kali Advance Training dan Training For Trainer KOHATI BADKO HMI Jawa Barat. Meskipun demikian, kesibukan organisasi tidak menjadikan Achyar lupa pada kewajiban kuliahnya, saat ini Achyar sedang menyelesaikan studi Magisternya di Jurusan Study Pembangunan Institute Teknologi Bandung (ITB). (Janoka Maulana/Dimas)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *