Pembekalan Pengembangan Media Komunitas GSC Sukses Digelar

“Media ini berfungsi sebagai media informasi bagi komunitas terkait kegiatan yang akan dan sedang dilaksanakan di lingkungannya,” ujarnya.

GARUT (LOGIKANEWS.COM) – Pembekalan pengembangan media komunitas Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) di Kabupaten Garut berjalan lancar. Sesuai agenda yang telah ditentukan, kegiatan berhasil dilaksanakan di 10 Kecamatan Kabupaten Garut. 10 kecamatan yang mendapatkan program Pengembangan Media Komunitas ini yaitu Kecamatan Kersamanah, Leuwigoong, Sucinaraja, Peundeuy, Singajaya, Bayongbong, Cibalong, Pamulihan, Karangtengah dan Sukaresmi.

SUKSES: Pembekalan Pengembangan Media Komunitas GSC yang dilaksanakan di 10 Kecamatan di Kabupaten Garut sukses dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kerjakeras berbagai pihak menjadi kunci utama terselenggaranya kegiatan ini. Foto bersama usai kegiatan Pembekalan Pengembangan Media Komunitas GSC. Faskab GSC, Vina Endah Warni (Tengah berjilbab), Faskeu GSC Supriadi (Kacamata kanan), Kabid LKD Jeje Jenal Abidin S. STP., M.Si (Tengah atas) Kasi Peningkatan Partisipatif Masyarakat, Drs. D Faizal (Kiri atas), Kasi Kelembagaan, Asep Jawahir, S.Sos., MM (kanan atas) Pengelola Administrasi Yan Handayana, Pengelola SAI Ade Christ Yogaswara., AMd dan Media operator Komputer GSC, Redy (FOTO: dok)

Program ini digulirkan untuk membantu masyarakat dibidang kesehatan dan pendidikan. Pasalnya masih banyak program yang belum tercover program pemerintah. Faskab GSC, Vina Endah Warni kepada Majalah Logika mengaku bahagia. Pasalnya, program pengembangan media komunitas tahun 2017 akhirnya terlaksana dengan baik, tanpa kendala berarti. “Alhamdulilah acara demi acara bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Menurut Vina, Media komunitas merupakan wahana komunikasi dari, oleh dan untuk Masyarakat. “Media ini berfungsi sebagai media informasi bagi komunitas terkait kegiatan yang akan dan sedang dilaksanakan di lingkungannya,” ujarnya.

Peranan media komunitas, ujar wanita berkerudung ini, mengingat adanya keterbatasan jarak dan waktu bagi anggota masyarakat untuk bertemu secara massif, media bisa bertukar gagasan atau opini guna perbaikan dan pencarian solusi dari permasalahan yang dirasakan bersama. “Media ini juga bisa membantu transparansi dan pertanggungjawaban kepada masyarakat,” ungkapnya.

Vina menambahkan, merupakan fungsi terpenting dari keberadaan media komunitas. Dengan media ini, diharapkan masyarakat dapat ikut memantau kegiatan dan pemanfaatan dana program pembangunan desa yang sedang diimplementasikan.

“Beberapa jenis media komunitas yang dapat dikembangkan adalah koran komunitas, bulletin/tabloid warga, radio komunitas, poster warga, VCD warga, papan informasi dan foto novella serta theater rakyat,” terangnya seraya menambahkan, alokasi atas kegiatan ini dapat digunakan untuk pembekalan serta biaya penggandaan maupun implementasi kegiatan.

Peserta kegiatan ini diarahkan bagi pelaku pelaksana fasilitasi serta pelaku lainnya yang terdiri dari kelompok atau individu peduli yang berkompeten atas pengelolaan media komunitas. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *