Perlu Komitmen yang Kuat dalam Pengelolaan Keuangan Dana Desa

Oleh : Lili Khamiliyah, S.E., M.Si (Kepala KPPN Garut)

0 453

Garut, 9 Februari 2018

Sebagai lembaga ekskutif  Kepala Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam melaksanakan pemerintahan menggagas program yang dikenal dengan nama “Nawa Cita” yaitu sembilan cita untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Salah satu Cita yaitu Cita yang ketiga adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Untuk melaksanakan program tersebut direalisasikan melalui penyaluran dana desa yang dilaksanakan mulai Tahun 2015. Seluruh desa-desa di Indonesia mendapatkan bantuan dana desa untuk membangun daerahnya masing-masing.

Dana desa adalah dana yang dialokasikan dalam APBN yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua aparat desa siap untuk melakukan pengelolaan dana tersebut dilihat dari sisi kemampuan atau kompetensi para aparat desa di bidang pengelolaan keuangan desa. Hal inilah yang menarik perhatian kepedulian kita semua agar harapan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dapat terwujud.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Garut tempat kami bertugas, merupakan salah satu  instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan. adalah Kantor yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai kuasa BUN di daerah yang melayani wilayah Kabupaten Garut. Turut berperan aktif dalam penyaluran dana desa serta  melakukan pemantauan dan evaluasi atas dana desa. Pelaksanaan tugas tersebut mulai dilakukan pada Tahun 2017. Dan tahun ini adalah tahun kedua untuk pelaksanaan penyaluran dana desa dan pemantauan dan evaluasi dana desa.

Dana desa yang disalurkan KPPN Garut pada Tahun 2017 sebesar Rp358.003.087.000, dan pada Tahun 2018 jumlah pagu dana desa yang akan disalurkan sebesar  Rp393.536.092.000, untuk 421 desa di Kabupaten Garut. Tahapan penyaluran dana desa tahun 2018 dilakukan tiga tahap yaitu tahap I sebesar 20%, tahap II sebesar 40% dan Tahap III sebesar 40%. Rencana penyaluran dana desa tahap I Tahun 2018 sebesar 20% yaitu Rp78.707.218.400, sesuai dengan dokumen persyaratan yang telah terpenuhi dan akan disalurkan pada tanggal 14 Februari 2018.

Berdasarkan hasil pemantauan pengelolaan dana desa  pada Tahun 2017 dengan mengambil sampel  beberapa desa secara on the spot dari 421 desa di Kabupaten Garut dan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dengan para sekretaris desa sebanyak 42 desa yang mewakili desa dari 42 Kecamatan di Kabupaten Garut. Hasil yang didapat adalah masih belum sepenuhnya pengelolaan keuangan desa dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah atau peraturan serta sistem yang mendukung untuk pelaksanaan anggaran desa dengan baik serta pertanggungjawaban keuangan desa dengan akuntabel dan tepat waktu.

Fungsi para pendamping desa juga masih kurang, dari sisi kuantitas maupun kualitas. Para pendamping desa masih perlu ditingkatkan kompetensinya dalam pengelolaan keuangan desa. Masih perlu banyak waktu untuk menjadikan pengelolaan keuangan desa terlaksana dengan baik, menjadi desa harapan, bangun desa bangun negeri dengan hasil yang gemilang serta dapat mempertanggungjawabkan keuangan desa secara akuntabel dan tepat waktu.

Selain itu, perlu dibangun sistem pengelolaan keuangan desa yang sederhana mudah dioperasikan dan dapat mengakomodir semua kebutuhan pelaporan sebagai wujud pelaporan pertanggungjawaban keuangan desa. Tidak hanya itu saja yang utama adalah perlu komitmen yang kuat dari para aparat desa khususnya para kepala desa untuk dapat menjalankan amanah dalam pengelolaan dana desa dengan baik, sehingga terwujud pemerintahan desa yang bersih dan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa dapat terwujud. (***)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.