Ribuan PKL Garut Geruduk Kantor Bupati dan Pelantikan Anggota DPRD

Rawink Rantik saat melakukan orasi. (Ft: Ridwan Arif)

LOGIKANEWS.COM – Setelah melakukan audensi dengan Bupati Garut pada hari Jumat 9 Agustus 2019 dan audensi bersama Asissten Daerah II Bidang Ekonomi, Senin 12 Agustus 2019.

Hari ini, Selasa (13/08/2019) para Pedagang Kaki Lima (PKL) Garut yang tergabung di Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG). Ribuan pedagang dan keluarganya yang biasa berjualan di sepanjang Jalan Ahmad Yani melakukan aksi unjuk rasa ke Gedung Kantor Bupati dan Gedung DPRD Kabupaten Garut.

Aksi unjuk rasa dimotori oleh LPKLG yang didampingi oleh komponen Koalisi Masyarakat Bersatu (KMB).

Terpantau massa aksi telah berkumpul dari pagi pukul 07 Wib, di Area Parkir Intan, Jalan Ahmad Yani. Ribuan massa aksi bergerak long march ke komplek pemerintahan kantor bupati. Rute yang dilalui oleh ribuan massa aksi tesebut adalah Jalan Ahmad Yani – Jalan Cimanuk sampai Bundaran Simpang Lima – Jalan Pembangunan dan Jalan Pahlawan tepat dimana kantor bupati dan Satpol PP berada.

Aksi unjuk rasa ini menyusul tidak disepakatinya perundingan pada audensi yang telah digelar antara Pemkab Garut dan LPKLG. Dimana pemkab Garut tetap tidak mengijinkan para PKL untuk berjualan disepanjang Jalan Ahmad Yani, karena masuk kedalam Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) yang tercantum dalam Keputusan bupati.

Massa aksi, melalui salah seorang koordinatornya Rahmat Rawink dalam orasinya menekankan bahwa selama ini Pemkab Garut cenderung tebang pilih atas penegakan peraturan daerah, terlebih pada penertiban para PKL.

“Satpol PP hanya menegakan Perda pada PKL, sementara kepada para pengusaha pemilik toko yang ada di Jalan Ahmad Yani tidak ditegakkan. Seperti pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir, pertokoan/pengusaha yang tidak layak berusaha karena tidak memiliki izin sebagaimana mestinya,” ujar Rawink Rantik.

Lebih jauhnya lagi, Rawink menyatakan bahwa Pemkab Garut, melalui bupati tidak pernah menjalankan fungsi pembinaan dan pemberdayaan pada para PKL, sesuai dengan apa yang ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres) terkait PKL.

Sementara suasana di komplek gedung Pemerintahan Garut, pada saat ini sedang ada kegiatan, khususnya di gedung DPRD Kabupaten Garut, yakni pelantikan para anggota Legislatif terpilih periode 2019-2024 yang tentunya acara tersebut dihadiri oleh para pejabat Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya. (Ridwan Arif)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *