SMK Al Farisi Leles Rayakan Milad ke 10, Wujudkan Visi Menjadi Sekolah Unggul Tahun 2021-2022

PRAKTEK: Kepala Sekolah SMK Al-Farisi Leles, Ayi Miftah MPd usai memantau kegiatan jalan sehat dengan menggunakan kendaraan roda empat yang menjadi bahan praktek siswa jurusan otomotif. Acara ini diikuti ribuan peserta dalam rangka memperingati Milad ke 10 SMK Al-Farisi Leles, Kabupaten Garut yang dilaksanakan tanggal 14-19 Februari 2019. (FT: Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM – SMK Al-Farisi Leles, Kabupaten Garut pada tahun ajaran 2019 ini sudah menginjak usia yang ke 10 tahun. Usia ini bisa dianggap sudah cukup matang bagi lembaga pendidikan. Selama 10 tahun ini SMK Al-Farisi Leles sudah menunjukan eksistensi dan prestasi yang membanggakan Kabupaten Garut. Pasalnya, selama menjalankan proses sebagai lembaga yang berperan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), SMK Al-Farisi Leles tidak mendapatkan persoalan yang berarti.

Kerja keras antar pihak yayasan, kepala sekolah, para guru dan para pegawainya sudah terkonsep dengan baik, sehingga prosesnya berjalan lancar sesuai dengan program yang telah diagendakan. Maka bukan sesuatu yang mengherankan, apabila SMK Al-Farisi Leles mampu melahirkan generasi bangsa yang berprestasi dan berahlakul karimah.

POTENSI: SMK Al-Farisi Leles menangkap potensi yang ada di sekitar Kabupaten Garut diantaranya potensi dibidang olahraga Bola Voly. Untuk itu, sekolah ini setiap tahunnya menggelar turnamen Bola Voly tingkat SMP. SMK Al-Farisi Leles Tahun ini (FT: Asep Ahmad)

Dalam rangka memperingati hari besar SMK Al-Farisi yang ke 10, pihak sekolah kembali menyelanggarakan beragam kegiatan yang disambut antusias oleh siswa dan pihak orang tua beserta warga di lingkungan sekolah berada. SMK Al-Farisi yang sudah mampu mendirikan dua gedung sekolah dengan lokasi yang berbeda ini menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Leles dan Kabupaten Garut pada umumnya.

Kepala Sekolah SMK Al-Farisi Leles, Ayi Mitah MPd di ruang kerjanya, Senin (14/02/2019) mengatakan, memperingati usia SMK Al-Farisi Leles yang ke 10 pihaknya mengadakan beragam acara. Kegiatan dilaksanakan selama satu pekan dengan menghadirkan turnamen olahraga bola voly, tablig akbar, cerdas cermat dan olahraga jalan sehat.

“Hari Senin sampai Selasa kami menggelar kegiatan turnamen voly putra dan putri tingkat SMP se Rayon IV, yakni Kecamatan Kadungora, Leles dan Leuwi Goong. Hari Rabu diadakan lomba cerdas cermat, Jumat acara tablig akbar dengan penceramah KH Yayat Ruhiyat. Sedangkan dihari Sabtu kami akan mengajak siswa, orang tua murid serta masyarakat untuk mengikuti acara jalan santai,” kata Ayi Miftah.

SEDIAKAN BANYAK HADIAH

Sebagai bentuk syukur, di usia ke 10 ini, SMK Al-Farisi Leles menyediakan beasiswa dan aneka hadiah untuk semua pihak yang ikut merayakan hari besar SMK Al-Farisi Leles. Untuk hadiah utama, panitia menyediakan satu unit motor Honda Beat Pop. Sedangkan untuk doorprize disediakan kulkas, kompor dan hadiah lainnya. “Kami sangat berterimakasih kepada para sponsor yang ikut memeriahkan milad SMK Al-Farisi ke 10, khususnya untuk Dealer Honda Cemara Motor dan Telkom,” ungkap Ayi Miftah.

BAHAGIA: Pemenang hadiah utama berupa satu unit Sepeda Motor Honda Beat nampak sangat bahagia. SMK Al-Farisi Leles setiap tahunnya menggelar acara dan mengeluarkan banyak hadiah serta dibantu para sponsor. (FT: Asep Ahmad)

TARGET CIPTAKAN ATLET BERPRESTASI

Dalam kesempatan itu, Ayi Miftah menyampaikan beberapa target dari beragam kegiatan yang setiap tahun diselenggarakan dengan cukup meriah. Menurutnya, dari pertandingan atau turnamen Bola Voly antar siswa SMP se Rayon IV ini sebagai seleksi terhadap para siswa yang memiliki keterampilan dibidang olahraga Bola Voly. Para atlit berbakat yang kini masih duduk di bangku SMP akan direkrut oleh SMK Al-Farisi Leles.

HIBURAN: Dalam rangka memperingati Milad SMK Al-Farisi Leles ke 10, acara hiburan yang diadakan panitia menambah acara lebih semarak dan menghibur. (FT:Asep Ahmad)

“Hal ini sesuai dengan program SMK Al-Farisi Leles yang akan membuka sekolah olahraga Bola Voly profesional. Maka, para siswa yang memiliki prestasi dibidang olahraga akan kami rekrut sekaligus kami latih untuk menjadi atlet profesional. Sebagai lembaga pendidikan, SMK Al-Farisi Leles memiliki mimpi diantaranya menciptakan siswa yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama sekolah dan nama Kabupaten Garut, dengan meraih prestasi di tingkat provinsi dan tingkat nasional,” tandasnya.

Untuk mewujudkan harapan itu, terang Ayi Miftah, SMK Al-Farisi Leles juga sudah menyiapkan berbagai fasilitasnya, baik berupa sarana dan prasarana untuk latihan, maupun sumber dara manusia yang kompeten. Sekolah Bola Voly SMK Al-Farisi Leles akan bekerjasama dengan pelatih profesional.

“Kami memilih pak Eed selaku pelatih profesional dan terbukti sukses. Selain sudah menjadi atlet Bola Voly profesional, beliau pun sukses menjadi pembina salah satu grup olahraga Bola Voly seperti di Pro Liga dan Tim Bola Voly Tektona Bandung. Pelatih ini juga memiliki sekolah Bola Voly di Kecamatan Kadungora,” katanya.

Bagi pecinta olahraga Bola Voly, sambung Ayi Miftah, mungkin sudah mengenal sosok ini. Atlet profesional yang sudah malang melintang dan terbukti sukses menjadi pelatih dibidang olahraga yang digemari masyarakat Garut. “Pak Eed, beliau adalah atlet profesional dan meneruskan karirnya sebagai pelatih,” ungkap Ayi menjelaskan.

MENGEJAR IMPIAN TAHUN 2021-2022
TINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK

Untuk kegiatan Loba Cerdas Cermat (LCC), Ayi Miftah akan menjaring prestasi akademik. Bagi siswa yang yang berhasil dan menang, maka pihak sekolah akan memberikan beasiswa berupa gratis biaya awal masuk ke SMK Al-Farisi Leles. “Setiap tahun kami memiliki program beasiswa bagi siswa yang berprestasi,” tandasnya.

PROFESIONAL: Siswa dan siswi SMK Al-Farisi Leles yang berprestasi mendapatkan berbagai reward dari pihak sekolah. saat ini sudah ribuan generasi bangsa yang dicetak menjadi tenaga profesional. (FT: Asep Ahmad)

Acara tablig akbar yang digagas pihak sekolah berharap mampu memenuhi kebutuhan kerohanian. Selain itu, SMK Al-Farisi sudah menjalankan program sekolah berbasis pesantren yang sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu dan dalam rangka pembinaan ahlak. “Tablig akbar untuk siswa dan untuk umum. Kegiatan kerohanian ini sangat penting karena bisa memupuk jiwa siswa memiliki prilaku yang baik,” Ayi Miftah.

SMK Al-Farisi Leles juga bisa menerima santri untuk menetap atau ngobong. Ini sejalan dengan program sekolah berbasis pesantren yang sudah mulai dilaksanakan tahun 2018 lalu. Pembinaan ahlak diyakini menjadi cara untuk memberi motivasi dan apresiasi untuk siswa agar selalu memiliki semangat untuk terus belajar.

Semua kegiatan yang selama ini dilaksanakan, tegas Ayi Miftah, sesuai dengan Visi SMK Al-Farisi Leles, yaitu SMK Al-Farisi Leles tahun 2021-2022 menjadi sekolah unggul, minimal ditingkat sekolah swasta di Garut, baik akademik dan non akademik. Tentunya sejak dini sudah disiapkan berbagi strateginya, salah satunya pembibitan atlit profesional, kemudian pembelajaran dan kurikulum yang dikelola oleh sekolah termasuk muatan industri.

“Yang pasti banyak strategi untuk menghantarkan anak-anak bisa unggul, baik dibidang akademik maupun non akademik. Kita masih punya waktu selama tiga tahun untuk bisa mewujudkan harapan yakni menjadi sekolah terbaik di Kabupaten Garut,” paparnya.

Ayi Miftah menambahkan, semua yang akan dicapai tentu membutuhkan proses, maka apa yang dilakukan SMK Al-Farisi Leles selama ini adalah bagian yang dijalani secara serius dan terbukti membuahkan hasil uang cukup maksimal.

Untuk tahun ajaran 2019-2020 penerimaan siswa baru SMK Al-Farisi Leles dari segi kuota memiliki 13 rombel (romongan belajar). Setiap tahunnya, SMK Al-Farisi Leles kelebihan pendaftar, sehingga banyak siswa yang tidak bisa diterima, mengingat keterbatasan rombongan belajar.
“PPDB tahun ini, selain menjaring sesuai dengan kompetensi sekolah juga dalam rangka seleksi prestasi dibidang akademik dan non akademik,” pungkasnya. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *