Terobosan SMK AL-Farisi Leles Menjelang Tahun 2021

LOGIKANEWS.COM – Kepala sekolah SMK Al Farisi Leles, Ayi Miftah MPd mengaku tak mampu membendung kebahagiaannya. Pasalnya, di usia SMK Al-Farisi Leles ke 10 dirinya beserta semua pihak SMK Al-Farisi bisa terus menggali potensi generasi bangsa, khususnya masyarakat di sekitar sekolah seperti warga Kecamatan Leles dan Kadungora.

Pendidikan dibidang akademik maupun non akademik terus digenjot oleh lembaga pendidikan ini. Ayi Miftah selaku leader pun merasa tertantang untuk terus menorehkan prestasi. Bahkan, pada tahun ajaran 2018-2019 hingga menjelang tahun 2021 SMK AL-Farisi Leles akan kembali membuat terobosan-terobosan baru. Lalu apa saja langkah yang akan dilaksanakan oleh Ayi Miftah beserta jajarannya di SMK Al-Farisi Leles..?

1 – Mendirikan Sekolah Bola Voly Profesional

Menuurt Ayi Miftah, para atlet muda setingkat SMP dan MTS yang awalnya mengikuti perlombaan yang diselenggarakan pihak SMK AL-Farisi Leles dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 10, selanjutnya akan dilatih oleh pelatih profesional dan sudah memiliki lisensi nasional.

Terobosan dibidang olahraga ini ditargetkan untuk melahirkan atlet handal dan berprestasi, sehingga akan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, baik akademik dan non akadmik yang membanggakan. “Minimalnya di tingkat Kabupaten Garut, maksimalnya bisa ke tingkat regional dan nasional,” papar Ayi Miftah penuh percaya diri.

2 – Menjalankan Pesantren

Ayi Miftah menceritakan, pada saat SMK Al-Farisi pertama kali berdiri, maka tiga tahun berikutnya ketika hendak melaksanakan akrteditasi SMK Al-Farisi Leles membuat suatu kurikulum menjadi SMK AL-Farisi Plus. Nah plusnya ini dimaksudkan untuk peningkatan karakter building. Membangun karakter yang betul-betul bisa membangun karakter anak muda dengan berbasiskan pesantren.

“Sehingga pendidikan yang berkarakter itu berbasisikan pesantren. Pendidikan yang berkarakter khusus itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Kami membutuhkan pembinaan dan kerjasama serta kolaboratif antara pendidikan pengetahuan umum dan kegamaan. Dan Alhamdulillah tahun pelajaran 2018-2019 ini sudah berjalan satu tahun dibidang keagamaannya,” ungkapnya.

3 – Mengejar Mimpi Wujudkan Sekolah Unggul

Untuk mewujudakan visi SMK Al-Farisi leles pada tahun 2021-2022 menjadi sekolah Unggul, minimal tingkat sekolah swasta di Kabupaten Garut, maka Ayi Miftah pun dengan cepat sudah melaksanakan pembangunan infrastrsktur. Baik sarana dan prasana praktek anak, infrastruktur jaringan internet kemudian pembinaan atau upgrading tenaga kependidikan tentang SDM (Sumber Daya Manusia).

“Sehingga untuk mewujudkan itu semua, maka lini dari Delapan standar pendidikan terus dianalisa mengacu pada tahun ajaran 2021-2022 SMK Al-Farisi Leles memiliki visi menjadi sekolah unggulan minimal di Kabupaten Garut dan mampu bersaing dengan sekolah swasta lainnya. Salah satu yang sudah dirintis yakni pembangunan infrastrukur sarana dan prasana termasuk SDM,” imbuhnya.

Dari berbagai program yang sudah dijalankan pihak sekolah, Ayi Miftah mengaku bahwa intinya SMK Al-Farisi Leles sudah link and match dengan industri dan perusahaan. Pihaknya sudah bekerjsama dengan Astra Daihatsu, AHM, Mikrotik dan lainnya.

“Pada intinya semua jurusan sudah link and match dengan perusahan. Dan tentu saja, banyak sekali manfaat yang kami peroleh. Ketika akan melaksanakan Pratek Kerja Industri, kami sudah melakukan MoU dengan setiap perusahaan dan sudah diterima. Untuk kunjungan industri, ketika siswa kami mau melihat secara riil kondisi pekerjaan di suatu industri, kami mendapatkan kemudahan mengadakan kunjungan kerja industri,” katanya.

4 – Wujudkan Harapan Pemerintah

Setelah 10 tahun berkiprah, SMK Al-Farisi Leles sudah mencetak Enam angkatan. Harapan pemerintah dan pihak sekolah adanya link and match, terutama dalam rangka mengurangi pengangguran. Selama ini SMK Al-Farisi Leles sudah menjalin kerjasama dengan perusahan. “Hampir 80 persen siswa kami sudah ada yang bekerja dan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Namun kita masih memiliki PR yakni sebanyak 20 persen yang belum tersalurkan,” kata Ayi Miftah.

5 – Perkuat Pendidikan Berkarakter

Menurut Ayi Miftah, selama ini pihak sekolah banyak dibantu oleh para sponsor yang terdiri dari perusahaan BPR Harum Hikmah Nugraha, Cemara Motor Leles dan perusahaan lainnya. Harapan Ayi Miftah pendidikan di Kabupaten Garut sesuai dengan kurikulum yakni terciptanya sikap yang mulia. Tantangan perkembangan jaman saat ini banyak generasi bangsa yang berprilaku tidak sesuai dengan adat dan budaya serta agama.

“Maka tentu, hal ini harus dijawab dengan pendidikan yang bermuatan berkarakter, baru setelah itu melangkah pada kompetensi atau keahalian anak sebagai persiapan untuk bisa lebih bersaing dengan perkembangan dunia, minimal setingkat Asean. Maka tentu anak itu harus trampil, salah satu hal yang kami buktikan adalah dengan merintis BNSP untuk membuat kerjasama bahwa SKM Alfarisi akan mengadakan LSP PI BNSP. Setelah itu kami akan dilanjutkan dengan LSP P3 dengan beberapa industri,” ungkapnya.

6 – Pertahankan Kekompakan dan Bangun Kekeluargaan

Bagi Ayi Miftah, membangun prestasi bukanlah hal yang mudah. Tidak bisa dilaksanakan hanya oleh satu orang saja. Di dunia pendidikan peranan guru dan staf memiliki peranan penting. Tingkat kedisiplinan yang tinggi lah yang mampu mempengaruhi prestasi anak hingga mampu menjadi lembaga pendidikan yang terpercaya.

“Ketika ingin meraih suatu cita-cita dan impian yang besar itu maka dibutuhkan kerjasama. Bersama-sama secara kolektif kolegial membangun kekompakan, kekeluargaan yang harmonis baik dari pihak pengelola, penyelenggara dan pelaksana dari guru dan tenaga kependidikan,” bebernya.

Buah dari kerja keras dan kerjasama selama ini, SMK Al-Farisi Leles mampu menorehkan berbagai prestasi akademik dan non akademik. Di bidang non akademik, SMK Al-Farisi Leles sudah rutin menjuarai event olahraga Bulutangkis setiap tahunnya dan sudah mencapai tingkat provinsi. Selain itu dibidang kesenian dan keagamaan pun siswa-siswi Al-Farisi Leles selalu memberikan prestasi yang baik. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela. Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *