Tiga Perusahaan Akan Bagikan Bibit Kopi dan Pohon Aren di Garut

LOGIKANEWS.COM – Tiga perusahaan yang bergerak dibidang bisnis yang berbeda-beda rencananya akan membagikan ribuan bibit berupa Pohon Kopi dan Pohon Aren atau lebih dikenal di Jawa Barat dengan nama Pohon Kawung. Bibit ini akan disalurkan kepada masyarakat petani di Kampung Legok Pulus, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Bibit yang dibagikan secara cuma-cuma ini juga memiliki kualitas yang teruji. Bibit yang diberikan berupa Kopi Biji Kuning dan Cigararutan serta pohon Aren jenis Saeran.

SEMANGAT: Tokoh masyarakat Kecamatan Samarang, Aang Suhana (kedua dari kiri) memiliki semangat yang sama dengan beberapa tokoh pecinta alam, Ketua Jenggla Atos S (Kedua dari Kanan) Unit SAR Pramuka, Zainudin Arif (Paling kanan) dan pengusaha di Kabupaten Garut, Owner Areniss Coffee and Store, Santosa. (paling kiri) (FT: Asep Ahmad)

Kopi ini dikenal memiliki keistimewaan. Kopi Kuning buahnya lebih besar, beratnya pun lebih berbobot serta memiliki nilai jual lebih tinggi. Sedangkan Kopi Cigararutan pohonnya cepat berbuah dan berbuah banyak dengan produktifitas yang sangat tinggi. Pembagian bibit Kopi dan Aren kepada para petani ini sebagai wujud kepedulian sekaligus upaya dari berbagai pihak yang ingin menjaga kelestarian ekosistem di Kabupaten Garut. Sehingga, selain bisa membantu masyarakat petani Kopi, bantuan ini juga bisa menjaga kesimbangan alam, khusunya di desa setempat.

“Bantuan bibit Kopi dan pohon Aren ini merupakan kepedulian dari Tiga perusahaan yaitu Sharia Kamojang Hill PT Gusaka, Koperasi Mandalawangi dan Areniss Coffee and Store. Bibit tersebut rencananya akan dibagikan kepada petani kepada masyarakat di Kampung Legok Pulus, Desa Suka Karya, Kecamatan Samarang disekitar Situ Cibeureum,” ujar tokoh lingkungan Kabupaten Garut, Aang Suhana, saat ditemui LogikaNews.Com di Areniss Coffee and Sore, Jalan Patriot, No 30, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (22/04/2018).

Menurut Aang Suhana, pihaknya sangat mengapresiasi kepedulian dari perusahaan-perusahaan yang masih memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Pria yang pernah menjabat sebagai Camat di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut ini pun berharap nantinya para petani bisa memanfaatkan bibit ini dengan baik.

“Bibit yang akan diberikan memiliki kualitas terpercaya. Sehingga kedepan, para petani bisa mendapatkan hasil panen yang baik. Selama ini, masih banyak petani yang merawat Kopi dan Pohon Aren tanpa memperhatikan kualitasnya, sehingga hasil panennya pun terkadang tidak memuaskan. Dengan bibit pohon Kopi dan Aren ini kami berharap bisa membantu perekonomian masyarakat, khususnya di Kampung Legok Pulus,” papar Aang Suhana.

Aang Suhana menambahkan, di lokasi penanaman bibit Kopi dan Aren ini juga terdapat kawasan wisata yang sangat cantik. Namun hingga kini, nampaknya belum ada sentuhan dari pihak Pemerintah sehingga belum banyak diinjak wisatawan lokal. Namun demikian, lokasi wisata ini sudah banyak dikunjungi wisatawan asing dari Kanada, Taiwan, Jepang dan lainnya.

“Di lokasi pembagian bibit ini juga terdapat kawasan wisata yang sangat indah, yakni Situ Cibeureum atau Situ Cibuni Larang. Saat ini lokasi Situ Cibuni Larang masih dibangun menggunakan bantuan swadaya dari masyarakat setempat beserta lembaga pecinta alam seperti Jenggala, Rekapala, Relaga, Kelapa, Pramuka dan lainnya,” imbuh Aang Suhana.

Di tempat yang sama, Owner Areniss Coffee and Store, Santosa atau lebih dikenal Joe Santos mengatakan, pihaknya menyambut baik harapan dari Pak Aang Suhana selaku tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan di Kabupaten Garut. Pihaknya, beserta perusahaan-perusahaan lain memiliki kesamaan visi dengan masyarakat setempat yang ingin mengembangkan pertanian Kopi dan Aren, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan di wilayah setempat.

“Pohon ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi kelestarian lingkungan. Selain bisa membantu kontur tanah tetap stabil, pohon juga bisa menambah suasana atau pemandangan menjadi indah dan segar serta membantu menjaga kesehatan lingkungan. Dan pohon Kopi dan Aren juga bisa membantu para petani untuk memperoleh penghasilan yang lebih baik,” ujar Jo Santos.

Masih menurut Joe santos,  Areniss Coffee and Store selaku pihak yang bergerak dibidang kuliner dan produsen Gula merah bisa terbantu, apabila petani Kopi dan Aren ini bisa maju dan berkembang. Pasalnya, kebutuhan masyarakat terhadap Kopi dan Gula Merah yang dibuat dari bahan dasar Pohon Aren sangat tinggi.

“Sehingga, dalam konteks ini nanti kami bisa saling membantu satu sama lainnya. Petani yang mendapat bantuan bibit Aren dan Kopi sesuai dengan kemampuan yang ada. Untuk tahap awal akan disebarkan sebanyak 3.000 pohon kopi dan 200 pohon aren,” papar Joe Santos. (Asep Ahmad)

LOGIKANEWS.COM

Diterbitkan Oleh : PT Tangguh Tunggal Media (No AHU -0021249.AH.0101.Tahun 2017 Tentang Perusahaan Media) Penerbitan sesuai: 1. UU no 40 Tahun 1999 tentang Pers 2. Pedoman Pemberitaan Media Siber Dewan Pers tertanggal 30 Januari 2012 3. Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang pelaksanaan UU Pers dan Standar Perusahaan Pers. Redaksi www.logikanews.com Pemimpin Umum dan Penanggung Jawab: Asep Ahmad Pimpinan Redaksi: Asep Ahmad Wartawan: Asep Ahmad, Syarif Hidayat, Rian Sutisna, Janoka, Asep Ruslan, N.I Nurlaela, Ridwan Arif Pengaduan: 081287075222

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *